Pesepak Bola Berprestasi Bakal Diberi Beasiswa

Mochamad Iriawan

JAKARTA, METRO–Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, berencana untuk membe­rikan beasiswa pendidikan untuk para pesepak bola berprestasi. Rencana itu terungkap dalam kerja sama penandatanganan Memorandum Of Understanding (Mou) de­ngan tujuh universitas untuk mema­jukan sepak bola di Indonesia.

PSSI melakukan kerja sama dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Surabaya (UNS), Universitas Negeri Malang (UNM), Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendi­dikan (STKIP) Pasundan.

Bentuk kerja sama ini adalah pembinaan pemain, pelatih, wasit, pengembangan sport science se­pak bola, dan pemanfaatan fasilitas kampus untuk Timnas Indonesia. Selain itu ada juga rencana pem­berian beasiswa pendidikan untuk pesepak bola berprestasi.

Namun, Mochamad Iriawan belum bisa menjelaskan secara rinci mengenai rencana tersebut. Iriawan menyebut, hal itu akan dibahas dalam pertemuan lanjutan dengan para rektor-rektor dari tujuh universitas.

“Nantinya kami akan melaku­kan pertemuan lanjutan terkait pola-pola apa yang akan dilakukan. Ini biasa dilakukan oleh negara-negara dan federasi lain sehingga tidak terlalu sulit,” kata Mochamad Iriawan dalam konferensi pers virtual, Rabu (18/8).

“Nanti begitu sudah satu fre­kuensi dengan teman-teman rektor tidak akan terlalu masalah. Kami akan lakukan karena tentunya sudah ada Pembantu Rektor (Pu­rek) yang membidangi berkaitan dengan beasiswa ini,” tegas pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Kerja sama antara PSSI dan 7 uni­versitas di Indonesia ini akan ber­langsung selama lima tahun. PSSI pu­nya target bisa meraih hasil sece­patnya dari kerja sama stra­tegis ini.

Pemberian beasiswa untuk pe­se­pak bola di Indonesia sejatinya bukan hal baru. Universitas Negeri Yog­yakarta (UNY) pernah mem­berikan beasiswa pendidikan pada para pemain Timnas Indonesia U-19.

Ketika itu, para pemain menda­patkan beasiswa Sarjana setelah berhasil menjadi juara Piala AFF U-19 2013. Evan Dimas dkk diberi kebeba­san dalam memilih jurusan di UNY.

Sebanyak 26 pemain yang men­dapatkan beasiswa pendidikan, hanya 10 yang sudah menyele­saikan studinya di UNY pada 2020. Mereka adalah Martinus Novianto Ardhi, Ichsan Kurniawan, Miftahul Hamdi, Maldini Pali, Yanto Basna, Yabes Roni, Febly Gushendra, Muhammad Sahrul Kurniawan, Sepdian David Maulana, dan Dinan Yahdian Javier. (*/boy)

Exit mobile version