Close

Objek Wisata Sawahlunto Kembali Dibuka untuk Umum, Siap Menyambut 1,8 Juta Pemudik

SIAP SAMBUT PEMUDIK— Wali Kota Sawahlunto Deri Asta didampingi Sekko Ambun Kadri paparkan kepada wartawan Kota Sawahlunto,yang dijuluki kota Warisan Dunia Unesco siap menyambut arus mudik 1, 8 orang untuk berwisata ke Kota Arang.

SAWAHLUNTO, METRO–Kota Sawahlunto yang dijuluki Kota Warisan Dunia Unesco siap menyambut liburan lebaran Idul Fitri 1443 H, yang merupakan hari ke­menangan umat muslim. Padahal, walau sudah melandai masyarakat masih tetap dihantui dengan an­caman Pandemi Covid-19, yang disebut gelombang ketiga.

Namun Kota Sawahlunto sebagai salah satu kota tujuan wisata di Sumatera Barat, dinilai relatif aman untuk dikunjungi para wisatawan. Saat ini Kota Sawahlunto tercatat pada Zona Zero Covid, yang artinya tidak ada kasus Covid-19 di Sa­wahlunto pada 10 hari terakhir. Karenanya, sebagai kota wisata, Sawahlunto siap menerima kun­jungan para wisatawan.

Walikota Sawahlunto Deri Asta yang didampingi Sekretaris Daerah Ko­ta  Sawahlunto, Ambun Kadri saat mem­berikan keterangan dalam jumpa pers kepada para wartawan Kota Sa­wahlunto, dalam menyambut libu­ran Idul Fitri 2022 di ruang rapat Balaikota Sawahlunto, Senin pagi (26/4).

“Menurut catatan, akan ada sekitar 1,8 juta pemudik yang akan masuk ke Sumatera Barat pada tahun ini. Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung, dan mengingat Kota Sawahlunto diperlintasan Jalan Lintas Sumatera, Pemerintah Kota Sawahlunto mengambil langkah stategis dengan berkordinasi de­ngan instansi terkait seperti TNI, Polri, Satpol PP Damkar, Dinas Kesehatan dan lainnya untuk me­lakukan pengamanan melalui pen­dirian beberapa posko, yang seka­ligus dapat dimanfaatkan sebagai tempat beristirahat oleh para pe­mudik, terutama yang melintas di Jalan Lintas Sumatera,” ungkap Ambun.

Deri Asta juga menyampaikan bahwa beberapa objek wisata Sa­wahlunto, pada tahun ini dibuka kembali untuk umum. Seperti tempat wisata Kandih, Museum, Puncak Cemara dan Waterboom Muaro Kalaban, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top