Close

Nunggak, UPT Rusunawa Putus Listrik Penyewa

PUTUS ALIRAN LISTRIK— Kepala UPT Rusunawa Sahurman bersama petugas gabungan memutus aliran listrik rumah rusun yang menunggak, Rabu (23/11).

PURUS, METRO–Untuk mempercepat pen­capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Ru­mah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa), pengelola me­lakukan tindakan tegas ter­hadap penghuni yang tidak tertib akan aturan, yakni berupa pemutusan arus listrik ter­hadap warga yang me­nung­gak uang sewa lebih dari empat bulan. Pemu­tusan listrik dilakukan ke­pada 60 warga di Blok A dan 68 warga di Blok B.

Kepala Dinas Perkim Tri Hadiyanto melalui Kepala UPT Rusunawa Sahurman mengatakan, sebelum dilakukan pemutusan arus listrik telah dilakukan pro­sedur sesuai SOP. Mulai dari Surat Peringatan (SP) 1 hingga SP 3 sudah diberikan kepada warga yang menunggak sewa.

“Prosedurnya sudah ka­mi lakukan, sampai me­ngi­rimkan surat pemutusan listrik, namun tidak digubris. Maka dari itu, tim gabungan yang terdiri dari koramil, satpol pp, polsek, kecamatan, dan kelurahan me­lakukan pemutusan arus listrik hari ini (kemarin red),” kata Sahurman. Rabu (23/11).

Sahurman menyebutkan, bagi warga yang telah diputus listriknya diwajibkan mengangsur tunggakan sewa untuk bisa dihidupkan kembali listriknya. Kemudian, setelah itu warga tersebut juga membuat surat perjanjian bahwa akan membayar kem­bali paling lambat 8 Desember 2021.

“Mereka yang me­nung­­­gak ini diwajibkan me­ng­angsur minimal setengah dari total bulan tunggakan. Waktu yang kami berikan hingga 8 Desember, namun saat diputus listriknya hari ini mereka tetap harus membayar sesuai kesanggupan dulu untuk dihidupkan listriknya lagi,” ujarnya.

Sahurman juga menegaskan, nanti setelah mem­bayar setengah dari to­tal bulan yang menunggak, warga tersebut tetap ditekankan untuk membayar sisa dari tunggakan tersebut.

“Jadi tindakan yang kami lakukan ini untuk me­ng­genjot pendapatan yang masih belum maksimal. Karena pendapatan saat ini belum mencapai 50 persen. Kami berharap, dengan tinda­kan ini, di akhir tahun besok akan mempercepat pendapatan,” tandasnya. (hen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top