Close

Nunggak Sewa 3 Bulan, Bandel, Listrik 93 Unit Penghuni Rusunawa, Diputus

pemutusan LISTRIK— Kepala UPT Rusunawa Sahurman dan Petugas UPT Rusunawa dan tim penata dan penertiban Rusunawa melakukan pemutusan listrik karena penghuni yang menunggak, Kamis (9/12).

PURUS, METRO–Untuk mempercepat pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) ter­hadap Rumah Susun Se­derhana Sewa (Ru­sunawa), pe­ngelola melakukan tindakan tegas ter­hadap penghuni yang tidak tertib akan aturan. Yakni, berupa pemutusan arus listrik terhadap warga yang menunggak uang sewa lebih dari tiga bulan.

Pemutusan listrik dila­kukan kepada 25 warga yang berada di blok A, Kamis (9/12). Dan, hari ini, Jumat (10/12) akan dila­kukan pemutusan listrik ke­pada 68 penghuni lainnya.

Kepala Dinas Peru­ma­han Rakyat Kawasan Per­mukiman (Dinas Perkim) Kota Padang Tri Hadiyanto melalui Kepala UPT Rusu­nawa Sahurman mengata­kan, sebelum dilakukan pemutusan arus listrik te­lah dilakukan prosedur sesuai SOP. Mulai dari Su­rat Peringatan (SP) 1 hing­ga SP 3 sudah diberikan kepada warga yang me­nunggak sewa.

“Prosedurnya sudah kami lakukan, sampai me­ngirimkan surat pemutu­san listrik, namun tidak digubris. Maka dari itu, tim gabungan yang terdiri dari Koramil, Satpol PP, Polsek, kecamatan, dan kelurahan melakukan pemutusan arus listrik,” kata Sahur­man, Kamis (9/12).

Sahurman menyebut­kan, bagi warga yang telah diputus listriknya diwa­jibkan mencicil tunggakan sewa untuk bisa dihidupkan kembali listriknya. “Me­reka yang menunggak ini diwajibkan mencicil minimal setengah dari total bulan tunggakan.  Sebe­lum­nya, kesepakatan telah dibuat pada 8 Desember 2021, tapi banyak yang mengacuhkan.  Sekarang mereka wajib membayar semua yang tertunggak,” tegasnya.

Dalam pemutusan ini, UPT Rusunawa melibatkan tim penata dan penertiban Rusunawa dan petugas gabungan.

Sementara Lurah Pu­rus Albana yang turut da­lam penertiban tersebut me­negaskan penertiban de­ngan cara pemutusan listrik di Rusunawa Purus murni dilakukan kepada penghuni yang me­nung­gak.

“Hal ini kita lakukan agar memberikan efek jera kepada penghuni untuk tertib melakukan pemba­yaran uang bulanan,” ka­tanya.

Untuk harga sewa ru­mah di Rusunawa Purus sendiri bervariasi. Rumah yang berada di lantai 1 dipatok sewa Rp325 ribu sebulan, lantai 2, harga sewa Rp290 ribu sebulan.

Untuk lantai 3 harga sewa Rp375 ribu perbulan, lantai 4 harga sewa sebe­sar Rp260 ribu perbulan. Sedangkan lantai 5 harga sewa dipatok 245 ribu per­bulan. Untuk target dari UPT Rusunawa, Pemko Pa­dang mematok target PAD sebesar Rp1,2 miliar per­tahun. (hen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top