Menu

Ninik Mamak Diminta Pro Aktif Lindungi Anak Kemenakan

  Dibaca : 360 kali
Ninik Mamak Diminta Pro Aktif Lindungi Anak Kemenakan
MINTAK NINIK MAMAK— Bupati Agam Indra Catri meminta Ninik Mamak perperan aktif menjaga dan melindungi anak kemenakan di bawah ancaman Virus Corona.

AGAM, METRO
Bupati Agam Dr H Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah, memminta kalangan ninik mamak untuk lebih pro-aktif dalam mengayomi, melindungi dan mendampingi anak kemenakan masing-masing kaum dalam menghadapi kondisi sulit seperti saat ini.

“Peran dan dukungan kalangan ninik mamak sangat penting, terutama dalam kondisi percepatan penanganan virus corona saat ini, terutama dalam mengingat anak-kemenakan untuk mentaati berbagai himbauan pemerintah, program sosial-physical distancing, kurangi aktivitas di luar rumah. Kemudian, selalu menjaga kondisi tubuh, jaga kebersihan serta berbagai seruan lain, sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona yang hingga kini belum didapatkan obatnya itu,” ujar Indra Catri.

Harapan itu disampaikan bupati Agam Indra Catri, terkait dengan berbagai langkah yang kini tengah dilakukan Pemkab Agam, untuk memaksimalkan usaha memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Ditegaskan, saat ini Pemkab. Agam bergerak ekstra cepat, bahkan harus melakukan langkah-langkah taktis dan super extra ordinary, dalam menerapkan berbagai kebijakan dan instruksi, mengingat pola penyebaran virus corona yang sangat sulit dideteksi, dan cara penyebarannya justru melalui personal, harus dilakukan berbagai langkah penting dan stategis sesuai anjuran kementerian kesehatan dan WHO.

Untuk memaksimalkan langkah antisipasi itu, tegas Indra Catri, perlu peran dan dukungan semua pihak, terutama kalangan ninik mamak, dalam mengawasi, mendampingi serta melindungi anak kemenakan, bahkan masyarakat dari serbuan virus mematikan itu. “Intinya, masyarakat dituntut untuk bisa disiplin, menjaga jarak, berdiam diri di rumah, dengan disiplin seluruh masyarakat, kita yakin kondisi ini akan segera berlalu, “ tegas Indra Catri.

Bahkan Indra Catri menyebutkan, beberapa negara yang warganya tidak disiplin seperti Italia, Amerika dan beberapa negara lain, yang justru berdampak luar biasas, ratusan orang setiap hari meninggal akibat virus Corona. “Kita tidak menginginkan hal seperti itu terjadi di daerah kita, disiplin dan dukungan masyarakat adalah kunci utama,” ujar Indra.

“Jangan sampai terjadi hendaknya apa dikhawatirkan oleh nenek moyang kita, “niniak mamak basilengah, anak kamanakan basiarak jo baserak, lain padang lain bilalang, lain nagari lain penanganannya,” ulas Indra.

Disisi lain, Bupati Agam menegaskan, bahwa Pemkab Agam sebagai bagian dari Pemprov Sumbar dan NKRI, akan terus berupaya agar seluruh masyarakat di Kabupaten Agam terbantu dalam menghadapi pandemic Covid-19, dibuktikan sampai saat ini terus dilaksanakan penyaluran sembako hampir di seluruh nagari, melibatkan banyak pihak dan relawan. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional