Close

Niniak Mamak Gaung Ajukan SK Permohonan Pembentukan 4 Tapian Suku

SK KEPENGURUSAN— Tokoh masyarakat Lubuk Begalung, Syahril M, menyerahkan  SK kepengurusan ninik mamak Gaung Nan XX kepada Iben Zani Rada Putra Datuak Rajo Malano (Wakil KAN Lubeg).

LUBEG, METRO–Tokoh masyarakat nagari Gaung Kelurahan Gates Nan XX berada di Kecamatan Lu­buk Begalung dan mewakili empat tapian atau suku yakini Suku Chaniago, Melayu, Jam­bak dan Tanjung serta Forum anak Nagari Gaung Nan XX mengadakan silaturahmi ke kantor Kerapatan Adat Nagari ( KAN) Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung.

Selain itu, Forum Anak Nagari Gaung bersama niniak mamak juga mem­bawa surat permohonan untuk surat keputusan (SK)  kepada KAN Nan XX  de­ngan maksud untuk menga­jukan SK atas nama Ninik mamak Nagari Gaung Seki­tar­nya.

Adapun ninik mamak dari  ampek jinih sebagai berikut Syarifuddin Gelar Rajo Bungsu mewakili suku Melayu, Dasril Gelar Intan Batuah  mewakili suku Cha­niago, Pebriyandi A.Md Gelar Rajo Gemelang mewakili suku Jambak, dan Adi Suganda gelar Rajo Ameh mewakili suku Tanjung.

Menurut Ketua Forum Anak Nagari Gaung, Yu­lianof, dengan adanya Ni­nik Mamak Gaung Nan XX ini dengan bersama-sama nantinya untuk bersatu membangun nagari baik dari segi ekonomi, sosial maupun budaya.

“Seperti yang mana kita berkampung, tentunya ada pandam perkubu­ran,­ada tapiannya mudah- mu­dah dengan adanya ninik mamak Gaung bisa bersatu kembali tidak ada lagi perpecahan, dan tidak ada lagi blok blok.  Tentunya dengan satu tujuan untuk kemajuan anak gaung,” kata Yulianof , Sabtu (2/10).

Ia menyebutkan, kede­pan­nya akan membuat pro­gram-program demi kemajuan Nagari Gaung. “Alhamdulillah surat permohonan diserahkan atas ninik mamak Syah­ril. M telah diserahkan ke­pada KAN Nagari Nan XX yang diterima Wakil Ketua Iben Zani Rada Putra Dt Rj Malano didampingi Edwar Dt Rajo Salayo, Marjuas Dt Malintang Sati, Zainal Malin Malelo Pjs Dt Rajo Nan Sati dan Yusman Rj Bongsu,” ujarnya.

Senada itu,  salah satu tokoh masyarakat Gaun Syahril. M meminta kepada ninik mamak yang telah dibentuk  sekarang ini untuk mengizinkan mengeluarkan hak veto dari ninik mamak Nagari Gaung ke KAN Nagari Nan XX.

“Perlu diketahui, selama ini peran anak nagari belum maksimal,  maka dari itu, kita bentuk se­karang sehingga peran ninik mamak bisa berjalan di Gaung dan bisa dipertanggung jawabkan sesuai secara lembaga,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Iben Zani Rada Putra Dt Rj Malano, mengatakan surat permohonan ninik mamak Gaung telah diterima oleh KAN Nan XX Lubeg.

“Kami selaku KAN nan XX Kecamatan  Lubuk Begalung yaitu mempunyai ulayat yang mana dahulunya kita masuk dalam Ka­bupaten Padang Pariaman mulai dari batas Pesisir Selatan dan Batas Solok sesuai dengan perkem­bang zaman, masa atau waktu sehingga sekarang kita Masuk dalam Kota Padang  mengikuti wilayah kecamatan yang mana Nan XX wilayahnya masuk di Kelurahan Kecamatan Lubuk Begalung,” katanya.

Ia menambahkan, untuk ulayat Nan XX meliputi kelurahan-kelurahan yang ada di Lubuk Begalung salah satu diantaranya adalah Gaung dan sekitarnya. “Bagaimana itu masih da­lam ulayat kami kerapatan Adat nan XX Kecamatan  Lubeg. jadi kalau ulayat itu harus ada ninik mamaknya jadi kami dengan adanya perwakilan ninik mamak yang ada di Gaung yang menghadap ke KAN Nan XX Lubuk Begalung ibaratnya menghadap ke bapaknya,  gadang kami karena ninik mamak, pituah ada kamanakan barajo ka mamak mamak barajo ka pangulu pangulu barajo ka mufakat, mufakat barajo alua jo patuik alua jo patuik barajo ka nan bana,” sebutnya. (hen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top