Close

Newcastle vs Liverpool, Jaga Asa Buru City

Newcastle-vs-Liverpool

Liverpool bakal bertandang ke St James Park markas Newcastle United dalam laga lanjutan Liga Ing­gris, Sabtu (30/4) malam pukul 18.30 WIB. The Reds memburu kemenangan un­tuk menjaga asa memenangi per­buruan gelar juara Liga Inggris dengan Man City.

Si Merah saat ini berada di peringkat kedua dengan 79 poin. Mereka tertinggal sa­tu angka dari The Citizens di puncak kla­semen.

Liverpool punya modal apik meng­hadapi laga ini de­ngan torehan 12 keme­nangan di 13 laga ter­akhir. Tim asal Mersey­side ini juga baru menda­pat kabar baik dengan sang manajer Juergen Klopp baru saja me­nan­da­tangani kontrak hingga 2026.

Meski demikian, Li­ver­pool tak sepenuhnya dalam kondisi ideal untuk meng­hadapi The Magpies. Mere­ka harus berlaga di tengah jadwal super padat yang harus dilalui.

Duel kontra Newcastle merupakan laga ketujuh yang harus dijalani Liver­pool hanya dalam rentang 16 hari. Tengah pekan men­datang, Liverpool juga ha­rus menjalani laga krusial menghadapi Villarreal di leg kedua semifinal Liga Champions.

Jordan Henderson dkk harus menjaga keunggulan 2-0 yang diraih di leg per­tama semifinal Liga Champions. Situasi ini membuat Liverpool kemungkinan bakal melakukan rotasi saat menghadapi New­castle.

Klopp sebelumnya juga sempat mengeluhkan pa­datnya jadwal Liverpool usai melawan Villarreal. Ini tentu menjadi ujian untuk kedalaman skuad Liver­pool.

“Ini baru leg pertama – tidak lebih – tetapi ini jauh lebih baik daripada laga sebelum pertandingan. Se­karang kami (jeda) ber­main hanya beberapa jam melawan Newcastle dan kemudian kami pergi ke Villarreal,” ujar Klopp ke­pada CBS usai melawan Villarreal.

The Reds dalam laga ini lebih diunggulkan. Namun Liverpool dan Newcastle di beberapa laga mempunyai tren positif di Liga Inggris.

Liverpool pada dua la­ga Liga Inggris saat mela­wan Manchester United dan Everton meraih poin penuh danskor mencolok. Man United menjadi kor­ban keganasan skuad asu­han Jurgen Klopp skor 4-0. Lalu Everton juga mera­sakan nasib yang sama skor 2-0.

Saat ini Liverpool bera­da di posisi kedua klasmen Liga Inggris dengan ter­paut satu angka saja dari Manchester City. The Reds kini mengoleksi 79 poin. Sementara The Citizen meraup poin 80.

Sehingga Liverpool di­pas­tikan bakal mati-matian meraih tiga angka untuk mengkudeta Man City un­tuk sementara waktu.

Sementara bagi New­castle, menatap laga terse­but. Dalam performa yang kian membaik di Liga Ing­gris. Padahal The Magpies sempat terjerembab di zona degradasi, namun kini mereka tengah berbahagia usai raihan positif di sejum­lah laga.

Kedatangan Eddie Ho­we yang menggantikan Steve Bruce penggemar Newcastle tak perlu kha­watir. Ia memang kalah dalam tiga laga pertama­nya, tetapi sejak saat itu, Newcastle tampil cukup konsisten hingga saat ini.

Pada pekan 34, New­castle mencukur Norwich City dengan skor telak 3-0, brace Joelinton dan sebiji gol dari Bruno Guimaraes membawa The Magpies ke urutan sembilan klasemen Liga Inggris.

Empat belas poin ter­paut dengan tim yang bera­da di batas zona degradasi, Everton. Bangkitnya The Magpies tak lepas dari sen­tuhan dingin Eddie Ho­we, pun dengan bursa trans­­fer pada musim dingin kemarin yang menghabiskan dana hingga 85 juta Pound.

Pekan ini, Newcastle bakal mendapat ujian dari sang calon jawara Liga Ing­gris, Liverpool. The Mag­pies bisa memanfaatkan momentum dari padatnya jadwal Liverpool belaka­ngan ini.

Newcastle United me­ngemas empat kali keme­nangan di empat laga ter­akhir Liga dengan me­naklukan Wolves, Leicester, Vrystal Palace dan Norwich City.

Laga Berat buat Mane dan Salah

Klopp sedikit merasa kecewa karena waktu kick-off pertandingan Liga Premier ini digelar pada jam makan siang, berselang hanya tiga hari setelah laga leg pertama semifinal Liga Champions.

“Ini brutal tapi tidak apa-apa. Ini situasi terbaik yang bisa Kita hadapi. Lakukan saja yang beri­kutnya dan coba mainkan sepakbola terbaik yang Kita bisa,” kata Klopp diku­tip dari AFP.

Laga digelar pada pukul 18:30 sore WIB atau pada pukul 12:30 siang Waktu setempat. Tentu saja, ini menjadi tantangan berat bagi pe­main Liverpool teru­tama untuk mereka yang menja­lankan puasa Rama­dan seperti Mohamed Sa­lah dan Sadio Mane.

Waktu kick off pertan­dingan digelar tengah hari pada jam setengah 1 siang. Di Inggris saat ini mereka berpuasa mulai pukul 4:00 GMT hingga waktu ber­buka puasa pada pukul 20:22 waktu setempat.

Artinya, pertandingan ini digelar sekitar 8 jam setelah makan sahur dan 8 jam se­belum waktu ber­buka pua­sa. Ada beberapa pemain Muslim di skuat Liverpool, di antaranya Sadio Mane, Ib­ra­hima Konate, Naby Keita, dan Mohamed Salah.

Selama bulan suci Islam, yang berlangsung dari 2 April hingga 2 Mei men­datang, mereka berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam, mereka tidak makan dan minum yang tentu saja memengaruhi nutrisi dan pemulihan.

Aturan Liga Premier mengatakan bahwa kapten dapat meminta istirahat minum setelah matahari terbenam bagi pemain un­tuk berbuka puasa.

Namun khusus untuk pertandingan yang digelar siang hari seperti laga Newcastle melawan Liver­pool ini waktunya masih 8 jam dari waktu berbuka. Tentu saja, ini menjadi tan­tangan tersendiri.

Liverpool telah meng­akomodasi kebutuhan pe­main Muslim mereka, me­reka berlatih di pagi hari sehingga mereka punya waktu untuk pemulihan di sore hari. “Ini tidak mudah karena bermain dan berlatih dan melakukan (puasa) Ra­madan sama sekali tidak mudah,” kata Sadio Mane dikutip theathletic.

“Sebelum Ramadan ka­mi mencoba berbicara dengan kapten (Hen­der­son) untuk memberi tahu manajer mungkin kami bi­sa mengubah jadwal dan berlatih di pagi hari”.

“Ini lebih mudah bagi kami. Jika Anda berlatih di pagi hari maka Anda punya waktu untuk istirahat dan pulang. Pelatih mengata­kan ya dan saya pikir itu membuatnya lebih mudah dan kami berusaha mela­ku­kan yang terbaik,” kata Mane. (*/rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top