Close

Newcastle United vs Chelsea, Fokus Pertahankan Puncak

Pemain Chelsea Thiago Silva melakukan selebrasi bersama Kai Havertz dan Cesar Azpilicueta usai mencetak gol pertama ke gawang Tottenham Hostpur pada Liga Premier dan memenangkan pertandingan dengan skor 3-0 di Tottenham Hotspur Stadium, London, Inggris, Minggu (19/9/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Tony Obrien/FOC/djo

Chelsea akan bertandang ke markas Newcastle pada pekan ke-10 Liga Inggris atau Premier League 2021/22, Sabtu (30/10). Per­tandingan di St James’ Park ini dijadwalkan kick-off 21.00 WIB. Duel away ini menjadi peluang bagi The Blues untuk mencuri angka penuh di Stadion St. James’ Park

Pekan lalu, Chelsea mem­bantai Norwich City 7-0 di Stamford Bridge. Mason Mount jadi bintang dengan hat-trick yang dia ciptakan ke gawang Norwich.

Setelah itu, Chelsea bersusah payah untuk menyingkirkan Southampton di ajang Carabao Cup. Pasukan Thomas Tuchel mem­butuhkan adu penalti untuk memastikan kelolosan mereka ke perempat final.

Sekarang, Chelsea kem­bali mengalihkan fokus ke liga. Puncak klasemen harus dipertahankan; itulah misi mereka saat ber­tandang ke St James’ Park.

Posisi Chelsea sebagai pemuncak klasemen EPL 2021 tidak terlalu aman. Pada pekan ini, peringkat pertama yang sedang di­duduki itu terancam tergusur oleh Liverpool yang juga tampil pada jam sama. The Blues mempunyai 22 poin dan sedang memim­pin Liga Inggris. Sedangkan The Reds ada di peringkat kedua dengan ha­nya tertinggal 1 angka saja.

Tim lainnya, yakni Man­chester City, juga mulai memberikan sinyal lantaran hanya berjarak 2 poin saja dari puncak klasemen. Andai sampai tergelincir, bisa-bisa Chelsea bakal turun dari singgasana.

Namun demikian, melihat performa klub yang akan diladeni, laga away kali ini menjadi peluang bagi tim asal London itu untuk mencuri kemena­ngan. Sekaligus mengamankan posisi pertama dari ancaman Liverpool maupun Man City dengan apa­pun hasil yang dicapai kedua rival tersebut.

Berbicara usai melakoni duel di Carabao Cup 2021 melawan Southampton, Rabu (27/10) lalu, Thomas Tuchel selaku manajer Chel­sea sempat menuturkan bahwa tiga penggawa, yakni Andreas Christen­sen, Ruben Loftus-Cheek, dan Cesar Azpilicueta, dilaporkan mengalami ce­dera. Namun demikian, ia mengaku sudah menyiapkan antisipasi, terutama terkait lini belakang yang berpeluang ditinggalkan oleh Christensen dan Azpilicueta.

”Kami berharap Azpi (Cesar Azpilicueta) bisa kembali pada laga akhir pekan. Dia mengalami ce­dera dalam latihan. Itu sa­ngat menyakitkan tapi dia a­da­lah Azpi, seorang pria yang tangguh,” papar Tuc­hel, dikutip situs web resmi klub.

”Ruben merasakan sakit. Mudah-mudahan kami bisa mengatasinya untuk hari Sabtu besok itu. Andreas juga pemulihan dan dia harus kembali berlatih pada hari Kamis jika tidak ada masalah,” lanjut eks nahkoda Dortmund dan PSG itu.

Pada duel meladeni Southampton di Carabao Cup 2021 lalu, Chelsea banyak menurunkan skuad cadangan. Sempat tertahan imbang 1-1, Kai Har­vertz dan kolega akhirnya lolos fase selanjutnya usai memenangi babak adu pe­nalti dengan skor akhir 4-3.

Sementara Newcastle yang akan menjadi lawan berikutnya merupakan sa­lah satu klub penghuni degradasi di EPL 2021. Situasi sulit dialami The Magpies lantaran hanya mampu menghasilkan 4 poin saja selama tampil dalam 9 pertandingan di liga domestik.

Alhasil, usai tidak mampu memenangkan pertan­dingan Premier League musim ini, pihak klub langsung melakukan pemeca­tan terhadap sang manajer Steve Bruce. Dalam laga pertamanya bersama sang caretaker, Newcastle meraih hasil seri 1-1 di kandang Crystal Palace pekan lalu. Gol Callum Wilson memberi Newcastle satu poin di laga tersebut.

Graeme Jones yang diangkat sebagai manajer sementara pun dihadapkan pada duel perdana yang cukup sulit saat me­lawan Chelsea dengan status tim tamu sebagai pemuncak klasemen Liga Inggris 2021/2021.

Newcastle masih tanpa kemenangan di Premier League musim ini, dan sekarang terdampar di zona merah. Laga melawan Chelsea sepertinya bakal menjadi laga yang sangat berat buat mereka. (*/ren)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top