Menu

New Normal, Status ODP Ditiadakan

  Dibaca : 787 kali
New Normal, Status ODP Ditiadakan
Feri Mulyani

AIAPACAH, METRO
Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani mengatakan, di masa new normal ini, semua masyarakat kini bebas keluar daerah. Mereka juga tak perlu takut dikelompokkan sebagai Orang Dalam Pengawasan (ODP). Karena status OPD sudah tak ada lagi.

“Sekarang kan sudah new normal. Jadi tak ada lagi status ODP. Semuanya bebas pergi keluar daerah. Namun tetap harus menjalankan protokol Covid-19,” ujar Feri Mulyani, Minggu (21/6).

Seperti contohnya terang Feri Mulyani, anggota DPRD Padang yang sudah mulai melakukan kunjungan kerja (kunker) keluar daerah. Setelah pulang, wakil rakyat tersebut ungkapnya, tidak ditempelkan status ODP.

“Mereka sama seperti masyarakat lainnya. Mereka baru melakukan rapid test atau tes swab jika ada gejala sakit setelah kembali. Jika tidak, mereka tetap beraktivitas seperti biasa,” tandasnya.

Selain itu ungkap Feri Mulyani, anggota DPRD tersebut baru melakukan rapid test, jika daerah yang mereka kunjungi menerapkan aturan meminta hasil tes Covid-19 sebelum memasuki daerah yang dituju.

“Itu tergantung daerah yang mereka kunjungi. Kalau daerah tujuan minta hasil tes bebas Covid-19, otomatis anggota dewan itu harus menjalani tes swab dulu,” tandasnya.

Sebelumnya, sejumlah anggota DPRD Padang melakukan kunker keluar daerah setelah setelah hampir tiga bulan tidak melakukan kegiatan tersebut lantaran pandemi. Ada sebanyak 23 orang tim Badan Anggaran (Banggar) DPRD dan 9 orang sekretariat DPRD mengunjugi Kampar, Riau.

Rombongan DPRD Kota Padang berangkat menuju Kampar dengan menggunakan jalur darat hingga Sabtu (20/6). Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Ilham Maulana mengatakan, bahwa kunjungan DPRD Kota Padang ke Kampar telah di komunikasikan dengan daerah tujuan.

“Sebelum berangkat, tim Banggar harus melakukan cek kesehatan sesuai standar protokol kesehatan Covid-19. Selain itu, daerah tujuan telah memberikan persetujuan membuka diri dengan kedatangan tim Banggar dari DPRD Padang,” jelasnya.

Ilham menambahkan, banyak berbagai daerah di Indonesia belum siap menerima kedatangan dari kunjungan kerja DPRD. “Ada beberapa daerah yang masuk zonasi merah tidak bersedia menerima kedatangan tim banggar DPRD Kota Padang, tetapi ada juga berbagai daerah yang bisa menerima, namun telah mengantongi hasil dari rapid tes,” sebut Ketua DPC Demokrat Kota Padang ini.

Beberapa waktu lalu, sempat ada sebanyak 38 anggota DPRD Padang pernah berstatus ODP Covid-19 pada 16 Maret lalu. Puluhan wakil rakyat tersebut baru saja pulang dari Bali mengikuti bimbingan teknis (bimtek) dari pemerintah pusat.

Ke-38 anggota DPRD Kota Padang melakukan bimtek pada 9-12 Maret 2020 di Bali. Ada tujuh anggota DPRD Padang lainnya yang tidak ikut ke Bali karena ada urusan. Seperti Ketua DPRD Syafrial Kani, Elly Thrisyanti, dan anggota lainnya. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional