Menu

New Normal, DMI Fokuskan pada Tiga Agenda

  Dibaca : 189 kali
New Normal, DMI Fokuskan pada Tiga Agenda
DILANTIK— Pimpinan Cabang DMI Kecamatan Padang Selatan dilantik oleh Ketua DMI Kota Padang, Maigus Nasir, Selasa (21/7) di Masjid Darussalam, Mata Air.

MATA AIR, METRO
Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Padang, Maigus Nasir mengatakan, ada tiga agenda yang jadi fokus DMI setelah pandemi Covid-19 memasuki masa kenormalan baru. Pertama, mengaktifkan kembali masjid dan mushalla dengan berbagai aktivitas ibadah.

“Kedua, pemetaan (mapping) masjid dan mushalla. Ketiga, membangkitkan kembali ekonomi ummat berbasis masjid pascapandemi corona,” ujar Maigus Nasir saat melantik Pimpinan Cabang DMI Kecamatan Padang Selatan, Selasa (21/7) di Masjid Darussalam, Mata Air.

Ia menambahkan, selama empat bulan lebih sejak virus corona melanda Padang dan Sumbar secara umumnya, umat telah berjarak dengan masjid dan mushalla. “Umat harus kita gerakan agar kembali lakukan aktivitas ibadah ke masjid dan mushalla. Tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” tukasnya.

Untuk mapping masjid/mushalla ini, sebutnya, akan dilakukan melalui kuisoner yang akan dibagikan pada Rakerda DMI Padang pada 25 Juli mendatang.

“Jawaban dari kuisioner ini, sebagian diantaranya akan jadi dasar penilaian Lomba Masjid Paripurna yang jadi program DMI secara nasional,” ujar Maigus yang juga Anggota DPRD Sumbar.

Untuk kebangkitan ekonomi umat terangnya, pada Raker DMI Padang nanti, tema yang diusung adalah “Kota Padang Bangkit bersama Masjid.” “Kita ingin masjid jadi basis kebangkitan kota ini dari berbagai sektor kehidupan. Khusus di bidang ekonomi, DMI Padang telah mendirikan Koperasi Syariah yang peresmiannya dilakukan pada pelantikan dulu,” sebutnya.

Ketua MUI Padang, Duski Samad mengucapkan selamat atas dilantiknya DMI Padang Selatan. Selain itu, ia mengingatkan, halangan untuk melaksanakan kegiatan ibadah secara berjamaah, telah gugur seiring meredanya pandemi Covid-19 di berbagai kawasan di Padang.

“Mari kembali kita ramaikan masjid dengan aktivitas ibadah wajib dan sunnah serta ibadah lainnya. Walau kondisinya masih sangat kondisional di masing-masing daerah,” tandasnya yang juga Ketua DMI Sumbar.

Bangkit Bersama
Pengurus Cabang DMI Kecamatan Padang Selatan dipimpin Syafaruddin bersama Ucin Limas Qori (sekretaris) dan Latifah Nasrul (bendahara). Pelantikan dilakukan Ketua DMI Padang, Maigus Nasir. Sedangkan pembacaan SK dilakukan M Fikar (sekretaris DMI Padang).

Untuk majelis mustasyar, dipimpin Zubirdin dengan Nasrul Hasan (wakil ketua) dan 4 orang anggota. Sedangkan majelis pakar, diketuai M. Sawati, Maspeq (wakil ketua) dengan 4 orang anggota.

Susunan pimpinan harian kecamatan ini, dilengkapi dengan 6 bidang dengan ketua dan empat orang anggota. Syafaruddin dalam sambutannya mengharapkan, jajaran DMI Kecamatan Padang Selatan, selalu kompak dan bersatu padu menjalankan program dan kegiatan organisasi.

Pada mitra kerja seperti perangkat KUA, kecamatan dan lainnya, juga mendukung kegiatan dan program DMI Padang Selatan. “Mari kita saling bersinergi membangun umat,” harapnya. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional