Menu

Nekat Mudik dari Riau ke Sumbar Lewat Sungai, Tiga Pemudik Tewas Gegara Perahu Terbalik

  Dibaca : 585 kali
Nekat Mudik dari Riau ke Sumbar Lewat Sungai, Tiga Pemudik Tewas Gegara Perahu Terbalik
Tim SAR gabungan mengevakuasi jasad pemudik yang tewas tenggelam gara-gara perahu yang mereka tumpangi terbalik di Sungai Taluak Subanio, Kabupaten Limapuluh Kota.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Hindari pos penyekatan larangan mudik Lebaran di perbatasan provinsi, empat orang pemudik dari Riau malah nekat menggunakan perahu yang disewa melewati sungai, untuk bisa masuk ke wilayah Sumatra Barat (Sumbar). Namun nahas, perahu yang mereka tumpangi malah terbalik saat tiba di Sungai Taluak Subanio, Nagari Muaro Paiti, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota.

Peristiwa itu terjadi pada Rabu (12/5) sekitar pukul 15.00 WIB. Akibatnya, tiga orang pemudik bernama Rajid (30), Fadil Irsandi (21) asal Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan dan Novi Arismen (31) asal Kota Payakumbuh hilang tenggelam. Sedangkan satu pemudik bernama Rahman Rahim (21) asal kota Payakumbuh berhasil selamat bersama seorang operator Rais (30).

Tim SAR gabungan yang mendapatkan laporan adanya tiga pemudik yang hilang tenggelam di Sungai Taluak Subanio, langsung melakukan pencarian. Jumat (14/5) pagi, dua dari tiga korban ditemukan. Tim SAR menemukan jasad korban pertama, Rajid, di aliran sungai kawasan Tanjung Riau.

Tak berselang lama tim SAR menemukan korban kedua atas nama Fadil Irsandi di aliran sungai kawasan Candi Muara Takus. Pada pukul 11.10 WIB, korban terakhir Novi Arismen ditemukan hanya sekitar tiga meter dari lokasi terbaliknya perahu yang mereka tumpangi.

Keempat pemudik, mulai menaiki perahu yang disewa dari Desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kabupaten Kampar, Riau menuju Pangkalan Kabupaten Limapuluh Kota. Mereka menyewa dua perahu mesin. Perahu mesin pertama berisi empat pemudik dan satu operator. Sedangkan yang kedua diisi tiga pemudik dan satu operator.

Pada Rabu (12/5/2021) sekitar pukul 14.00 WIB mereka mulai bergerak. Perahu melewati Sungai Kopu di Desa Tanjung. Sungai ini dikenal berarus deras, terutama saat sedang pasang. Sewaktu rombongan pemudik ini berangkat, sungai sedang pasang. Begitu tiba di Sungai Toluok Subanio, perahu mesin yang ditumpangi empat pemudik tiba-tiba terbalik saat melawan arus.

Melihat kejadian itu, perahu mesin kedua yang ditumpangi tiga orang pemudik melapor ke Pos SAR Limapuluh di Desa Muara Paiti. Tim pencarian gabungan bersama warga Desa Tanjung menyusuri sungai untuk menemukan korban.

Kepala Pos SAR Lima Puluh Kota, Robi Saputra mengatakan, setelah mendapat kabar, pihaknya langsung menerjunkan personel ke lokasi. Namun, pada saat itu sudah malam dan cuaca buruk sehingga dilakukan pencarian pada esok harinya. Dan ketiganya berhasil ditemukan di tempat berbeda-beda dan jauh dari lokasi tepat terseret arus.

“Kami ada dua tim dari Pos SAR Limapuluh dan SAR Pekanbaru. Dibantu BPBD dan Tagana, serta pemuda Desa Tanjung. Tim melakukan pencarian menggunakan perahu karet SAR dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta perahu mesin milik warga Desa Tanjung,” ungkap Robi.

Dijelaskan Robi, dari lima orang di perahu itu, dua selamat, yakni penumpang bernama Rahmat Rahim dan operator perahu segol, Rais. Dia menyampaikan, berdasar keterangan korban selamat, ketiga penumpang yang tewas tidak bisa berenang.

“Tiga korban ditemukan dalam kondisi utuh dan menggunakan pakaian. Kemudian setelah dilakukan evakuasi oleh Tim Gabungan yang menemukan langsung dibawa ke puskesmas terdekat, ada yang ke Riau ada yang ke Puskesmas Pangkalan. Setelah itu diserahkan kepada pihak keluarga untuk dikebumikan,” ucap Robi.

Selain itu, dikatakan Robi, rombongan warga dari Riau ini memilih mudik lewat sungai karena di darat ada penyekatan. “Mereka itu mudik pakai perahu lewati sungai karena takut melewati jalut darat nanti disuruh putar balik lantaran ada penyekatan di perbatasan Sumbar-Riau,” pungkasnya. (uus)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional