Menu

Nasrul Abit Pastikan Jatah Pupuk Sumbar tidak Lari ke Luar Daerah

  Dibaca : 134 kali
Nasrul Abit Pastikan Jatah Pupuk Sumbar tidak Lari ke Luar Daerah
MENIKMATI MUSIK— Cagub Sumbar Nasrul Abit bergoyang menikmati alunan musik tradisional yang dimainkan masyarakat di Nagari Ladang Panjang, Kecamatan Tigo Nagari, Pasaman, Senin (16/11).

PASAMAN, METRO
Petani di Kecamatan Tigo Nagari, Pasaman, mengeluhkan ketersediaan pupuk. Petani di sana mengaku bahwa banyak kelompok tani yang mengalami masalah kelangkaan pupuk. Tarmi, perwakilan kelompok tani Cipta Karya, mengeluhkan persoalan itu kepada Nasrul Abit dalam kegiatan safari politik calon gubernur itu dengan warga Nagari Ladang Panjang, Kecamatan Tigo Nagari, Pasaman, Senin (16/11).

“Keluhan kami dari kelompok tani ini selalu soal pupuk langka. Kami kesulitan kalau tidak ada pupuk karena berpengaruh kepada hasil pertanian,” tuturnya.

Dia juga mengeluhkan harga pupuk yang dijual di atas harga eceran tertinggi. Karena itu, ia berharap kepada Nasrul Abit-Indra Catri untuk mencarikan jalan keluar masalah pupuk.

“Kami ingin ketegasan soal pupuk ini, Pak, sehingga hasil panen kami maksimalnya,” ujarnya.

Menanggapi permasalahan yang dialami petani, Nasrul Abit mengatakan bahwa kelangkaan pupuk terjadi karena adanya permainan oknum. Jika menjadi gubernur, ia memastikan jatah pupuk Sumbar tidak dijual ke luar daerah.

“Kita harus tegas. Sewaktu saya menjadi Bupati Pesisir Selatan, ada yang bermain pupuk. Lalu, ketahuan dan kami tangkap. Jangan main-main!” ucapnya.

Masyarakat Agam Siap Antarkan IC
Indra Catri disambut masyarakat Agam saat pulang kampung ke kabupaten itu, Senin (16/11). Masyarakat yang menyambutnya mengaku rindu terhadap Bupati Agam dua periode itu.

“Sudah hampir dua bulan Pak Bupati cuti. Kami rindu dengan sosoknya di sini,” kata tokoh masyarakat Agam, Amirudin.

Perihal keikutsertaan Indra Catri pada Pilkada Sumbar, Amirudin menilai hal itu sebagai kabar baik yang harus didukung masyarakat Agam. Alasannya, “lakek tangan” Indra Catri sudah jelas selama mengabdi sepuluh tahun di Agam. Menurutnya, sudah banyak kinerja Indra Catri yang dirasakan masyarakat, salah satunya naiknya pendapatan penduduk Agam per kapita naik dua kali lipat.

“Di sektor pertanian, Pak Indra Catri juga saya nilai berhasil mewujudkan ketahanan pangan di daerah ini,” ujarnya.

Salah satu program Indra Catri yang berhasil di Agam, menurutnya, ialah Program Agam Menyemai. Indra Catri melaksanakan program itu bertahun-tahun dan sukses.

Oleh sebab itu, Amirudin bersama masyarakat Agam menyatakan siap mengantarkan Indra Catri ke Rumah Bagonjong atau memenangi Pilkada Sumbar. “Kalau ado nan di awak, manga piliah nan lain?” ucapnya. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

<span class="blue2 bdrblue">Fanpage</span> <span class="red">Facebook<span>

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional