Menu

Nasrul Abit-Indra Catri Pastikan Ketersediaan Pupuk di Sumbar

  Dibaca : 177 kali
Nasrul Abit-Indra Catri Pastikan Ketersediaan Pupuk di Sumbar
TAMPUNG ASPIRASI— Calon Gubernur Sumbar, Nasrul Abit yang berpasangan dengan Indra Catri menampung aspirasi dari masyarakat.

AGAM, METRO
Calon Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Nasrul Abit-Indra Catri (NA-IC), memastikan ketersediaan pupuk bagi petani sawit di provinsi itu jika menang pilkada. Nasrul Abit mengatakan bahwa pupuk merupakan keharusan bagi petani sebab komoditas, seperti jagung, padi, sawit, dan sayur-sayuran, membutuhkan pupuk agar hasil panen maksimal.

“Ketahanan pangan ini pesan dari Pak Prabowo. Kami harus memastikan semua yang berkaitan dengan petani tersedia, seperti pupuk, bibit, irigasi, dan faktor penunjang lainnya,” ujarnya dalam kegiatan safari politik di Jorong Sago, Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung, Agam, Rabu (4/11).

Dalam kegiatan itu Nasrul Abit juga berjanji memfasilitasi peremajaan sawit di Agam mendapat kredit di bank dan ada bantuan dari perusahaan. Kalau tidak, ia meminta Ketua DPRD Agam memanggil perusahaan yang tidak peduli kepada masyarakat. “Kita harus pastikan masyarakat dapat bantuan di sektor pertanian ini,” ucapnya.

Perihal sektor pertanian, Nasrul Abit mengatakan bahwa pihaknya akan memporsikan 12 persen APBD Sumbar untuk pertanian. Progam pro petani itu terangkum dalam program unggul di sektor pertanian.

Selain itu, pihaknya akan membentuk BUMD Pertanian untuk menampung komdotas pertanian, seperti beras dari petani, saat harga beras turun. BUMD Pertanian juga berfungsi sebagai penyedia pupuk, bibit dan keperluan petani lainnya.

“Jadi, cara kerja kalau padi murah, BUMD beli dulu padi petani dengan harga yang sesuai, kemudian kalau sudah mahal dijual lagi,” ujarnya.

Nasrul Abit-Indra Catri juga akan memastikan ketersediaan bibit ikan bagi masyarakat yang bergerak di sektor perikanan. Nasrul mengatakan bahwa mereka memberikan bibit ikan untuk menjaga ketahanan pangan dan menopang ekonomi masyarakat.

“Di pemerintah provinsi sekarang sudah ada bantuan bibit ikan. Silakan masukkan proposal sebagai syarat pemberian bibit ikan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar,” ucapnya.

IC jadi Harapan Solsel
Masyarakat Jorong Kurnia Maju, Nagari Talunan Maju, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Solok Selatan mencurahkan isi hatinya kepada calon Wakil Gubernur, Indra Catri, Rabu (4/11). Dalam pertemuan itu masyarakat meminta, jika pasangan Nasrul Abit-Indra Catri terpilih, untuk memperhatikan daerah itu agar menjadi lebih baik, apalagi di jorong itu banyak prestasi yang sudah diukir, seperti juara tahfiz Alquran dan Majelis Taklim.

“Kami selama ini merasa dianaktirikan. Fasilitas publik dibangun seadanya,” ujar tokoh masyarakat setempat, Suyadi.

Suyadi mengatakan bahwa setelah melihat visi misi empat pasang calon Pilkada Sumbar 2020, pilihan masyarakat Jorong Kurnia Maju jatuh kepada Nasrul Abit-Indra Catri.

Alasannya, pihaknya menilai bahwa pasangan nomor urut 2 itu dari visi misinya tergambar jelas berkomitmen memperhatikan daerah tertinggal. Pilihan itu makin kuat karena selama ini Nasrul Abit dikenal masyarakat kerap turun langsung ke lapangan dan melihat langsung kondisi masyarakat. Singkat kata, kerja nyata Nasrul Abit dan Indra Catri selama ini telah teruji. “Harapan kami program pemerintah provinsi bisa bersinergi dan terkoneksi antardaerah, provinsi, dan pusat,” katanya.

Suyadi juga menyampaikan kebutuhan masyarakat di jorong itu, yakni jalan yang layak. Menurutnya, saat ini jalan di jorong itu sangat tidak layak. Jalan itu berupa tanah dan berlubang. Ia berharap pemerintah memperbaikinya. “Kami tidak perlu menjelaskan apa-apa soal jalan itu karena tadi Pak Indra Catri sudah melewatinya,” ucap Suyadi.

Sementara itu, Indra Catri mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur merupakan program utama Nasrul Abit-Indra Catri menang Pilkada Sumbar. “Insfrastruktur pasti menjadi prioritas kami. Itu juga sudah tertuang di visi misi. Namun, saat ini saya dan Pak Nasrul Abit hanya bisa menampung aspirasi masyarakat terlebih dahulu,” tuturnya. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional