Menu

Nasrul Abit akan Bangun Motorsport Centre Minangkabau

  Dibaca : 146 kali
Nasrul Abit akan Bangun Motorsport Centre Minangkabau
SALAMI PEMBALAP— Calon Gubernur Sumbar Nasrul Abit menyalami anak-anak generasi milenial daalm acara Motorsport Centre Minangkabau, kemarin.

PADANG, METRO
Sumbar memiliki banyak pencinta otomotif. Hampir setiap akhir pekan kegiatan otomotif ada di provinsi itu, seperti balap sampai kontes modifikasi. Hal itu menjadi wadah kreativitas milenial Sumbar di bidang otomotif. Karena itu, wajar daerah ini menjadi barometer olahraga otomotif di Sumatra.

Namun, sampai kini Sumbar belum punya pusat motorsport (motorsport centre) untuk anak- anak pencinta otomotif. Karena itu, bakat milenial Sumbar di bidang ini tidak tersalurkan dengan baik. Akibatnya, mereka kerap menjajal kemampuan balap mereka di jalanan. Ini sangat berbahaya bagi mereka dan orang lain.

Atas dasar itu, calon Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, punya rencana membangun wadah yang namanya direncanakan Motorsport Centre Minangkabau di Sumbar.

“Saya melihat banyak generasi muda kita menyukai bidang ini. Tapi, mereka belum punya tempat untuk menyalurkan hobi itu,” ujar Nasrul Abit di Padang, Jumat (13/11).

Menurutnya, generasi muda yang hobi otomotif yang menyalurkan hobinya dengan melakukan balap di jalan tidak buru-buru dikategorikan nakal. Mereka punya bakat, tetapi belum terkelola dengan baik dan fasilitas untuk menyalurkan hobi juga tidak tersedia.

“Mereka berpotensi, bukan nakal dan ugal-ugalan. Cuma, belum terkelola dengan baik,” katanya.

Nasrul Abit menyebut bahwa banyak peluang usaha dari dunia otomotif. Misalnya, menjadi pembalap, mekanik, seniman stiker dan airbrush, industri onderdil balap dan pakaian balap, fotografer balap, dan YouTuber balap.

Minangkabau Motorsports Centre, kata Nasrul Abit, akan dilengkapi fasilitas yang bisa mengakomodir semua profesi di dunia industri otomotif.

“Saya ingin memberikan tempat yang representatif untuk mereka dan mereka bisa menggeluti profesi itu di Motorsport Centre Minangkabau yang akan kita bangun,” tuturnya.

Nasrul Abit menjelaskan bahwa pembangunan fasilitas otomotif rencananya akan diserahkan kepada pihak ketiga. Pemerintah Provinsi Sumbar akan mempersiapkan lahan untuk berdirinya Minangkabau Motorsports Centre.

Ayah kandung Nasta Octavian ini menyatakan bahwa sudah ada pengusaha yang bersedia menjadi donantur pembangunan Minangkabau Motorsports Centre.

“Sudah ada yang menyatakan bersedia. Tanah kita juga sudah ada. Lokasinya arah ke Bandara Internasional Minangkabau. Mudah-mudahan saya diberi kesempatan untuk memimpin Sumbar agar bisa membangun sirkuit permanen untuk anak-anak racing Minang di akhir pengabdian saya untuk Sumbar,” ucapnya.

Di salah satu tikungan sirkuit balap itu, Nasrul Abit berencana menyematkan nama Aditya 19 Corner atau tikungan Aditya Anugrah. Ia juga ingin membangun museum untuk almarhum Aditya Anugrah (juara nasional balap motor) sebagai penghormatan untuk Adit, pembalap jalanan asal Sumbar yang berhasil meraih mimpi sebagai juara nasional.

“Pembalap kita sudah berkarir di tingkat nasional, salah satunya Aditya Anugerah. Dia sosok inspiratif dunia otomotif Sumatra Barat,” ujarnya. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional