Menu

Nasrul Abit akan Alokasikan 12 Persen APBD untuk Sektor Pertanian

  Dibaca : 165 kali
Nasrul Abit akan Alokasikan 12 Persen APBD untuk Sektor Pertanian
MENINJAU— Calon Gubernur Sumbar Nasrul Abit meninjau area perkebunan warga di Jorong Pasa, Nagari Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sabtu (24/10).

SOLOK, METRO
Calon Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Nasrul Abit, meninjau area perkebunan warga di Jorong Pasa, Nagari Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sabtu (24/10). Ia mengatakan bahwa sektor pertanian merupakan salah satu fokus utama program kerjanya sebagai gubernur jika memang Pilkada Sumbar 2020.

Jika mendapatkan amanah menjadi Gubernur dari masyarakat Sumatra Barat, Nasrul Abit akan mengalokasikan anggaran 12 persen untuk sektor pertanian. Baik itu untuk sektor tanaman pangan, holtikultura, perkebunan, kehutanan, peternakan, dan perikanan.

“Kita juga akan memastikan ketersediaan bibit unggul untuk petani. Salah satu caranya dengan memberikan insentif kepada penangkar-penangkar bibit bersetifikat,” kata calon Gubernur yang dianggap paling senior dan layak melanjutkan kiprah Irwan Prayitno yang sudah dua periode ini.

Di samping itu, kandidat yang diusung Partai Gerindra ini juga ingin menjamin ketersediaan pupuk bersubsidi sampai ke tangan petani dengan harga Harga Eceran Tertinggi (HET). Selain itu, pihaknya akan mendata lahan tidur yang bisa dimanfaatkan untuk perkebunan.

“Pak Prabowo Subianto saat ini sedang mencari puluhan ribu hektare lahan tidur untuk ditanami jagung sebagai upaya menjaga ketahanan pangan RI. Hipmi juga mencari lahan tidur untuk dimanfaatkan,” ujarnya.

Program unggulan lainnya dari cagub yang berpasangan dengan Indra Catri ini adalah memfasilitasi tumbuh kembangnya petani milenial. Kemudian, mendirikan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pertanian, serta memberikan perlindungan pasca produksi pertanian melalui program asuransi pertanian.

Yakin Menang Besar di Pessel
Sementara Calon Wakil Gubernur Sumbar Indra Catri berkunjung ke kampung halaman mantan Bupati Pesisir Selatan, Mohammad Zaini Zen, di Nagari Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Sabtu (24/10). Pada kesempatan itu tokoh masyarakat setempat, Yuharmen menang besar di Pessel.

Ia menyampaikan bahwa Zaini Zen menjadi Bupati Pesisir Selatan yang pertama pada tahun 1966. Kini rumah mantan bupati dari Lumpo itu mulai lapuk dimakan usia. “Kami yakin Pessel akan semakin rancak kalau NA-IC menang. Nasrul Abit sebagai putera daerah tentunya tidak akan melupakan kampung halamannya,” tutur mantan Wali Nagari Lumpo itu.

Ia memprediksi NA-IC menang di Pesisir Selatan dengan angka di atas 80 persen. Baginya, kemenangan pasangan nomor urut 2 itu merupakan bagian dari mengenang kejayaan Zaini Zen.

“Nasrul Abit sudah tampak kinerjanya dalam membangun Pesisir Selatan sejak menjadi wakil bupati, kemudian bupati dua periode. Wakil beliau juga dua periode menjadi bupati di Agam,” ujarnya.

Tokoh masyarakat lainnya, Aprinal Tanjung, mengatakan bahwa majunya NA-IC ke Pilkada Sumbar merupakan keinginan masyarakat Pesisir Selatan. “Kami sudah lama menunggu momentum ini. Kapan lagi putra daerah kita menjadi gubernur. Inilah saatnya kita dukung bersama,” kata penuh semangat.

Bak gayung bersambut, Indra Catri menyampaikan bahwa majunya putra Pesisir Selatan ke Pilkada Sumbar akan menjadi sejarah baru bagi masyarakat kabupaten itu.

“Kalau Pak Nasrul Abit menjadi gubernur, kita bisa bercerita nanti kepada anak cucu bahwa putra Pesisir Selatan sudah ada yang menjadi gubernur. Beliau akan jadi kebanggaan,” tuturnya. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional