Menu

Nasib Haji 2021 Diputuskan Hari ini

  Dibaca : 65 kali
Nasib Haji 2021 Diputuskan Hari ini
Ilustrasi

JAKARTA, METRO–Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memastikan, keputusan terkait penyelenggaraan haji 2021 akan diputuskan pada Kamis (3/6), di Kantor Kementerian Agama, Thamrin, Jakarta.

Yaqut mengatakan, pengumumkan mengenai kepastian haji 2021 ini setelah kementerian yang ia pimpin menggelar rapat tertutup dengan Komisi VIII DPR.

“Kita ambil kesimpulan karena harus ada yang kita tata terlebih dahulu, ya Insya Allah besok siang (Kamis 3/6) akan kami umum­kan di Kantor Ke­menag di Thamrin,” ujar Yaqut di Gedung DPR, Ja­karta, Rabu (2/5).

Politikus Partai Ke­bang­kitan Bangsa (PKB) ini meminta kepada semua pihak untuk bersabar. Ka­rena masih ada yang di­persiapkan lebih dulu.

“Jadi mohon dipahami, sabar sebentar orang sa­bar itu baik, bagus, cantik. Jadi kalau mau ganteng, bagus, cantik jadi sabar sedikit,” katanya.

Sementara terpisah, Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto me­nga­takan, pihaknya sudah me­nyepakati dengan Menteri Agama, maka keputusan haji tidak diumumkan pada hari ini (kemarin red).

“Tadi saya memimpin rapat secara tertutup. Pem­bicaraan dari hati ke hati. Maka Kamis (3/6) kami de­ngan Pak Menteri akan me­ngumumkan pelak­sa­naan haji tahun ini,” ung­kapnya.

Sebelumnya, kepu­tu­san suspen untuk 20 nega­ra diterbitkan Saudi pada 3 Februari 2021 lalu. Negara yang di-suspend otomatis tidak bisa menjalankan penerbangan atau trans­portasi lain ke Arab Saudi. Informasi terbaru soal daf­tar negara yang disus­pen Arab Saudi diterbitkan Sab­tu (29/5) waktu setem­pat.

Sebelas negara yang sudah bebas dari daftar suspend dan bisa terbang ke Saudi adalah Uni Emirat Arab, Amerika Serikat, Jerman, Irlandia, dan Italia. Kemudian Portugal, United Kingdom, Swedia, Swiss, Prancis, serta Jepang. Se­dangkan sembilan negara yang masih di-suspend adalah Indonesia, India, Afrika Selatan, Argentina, Brasil, Lebanon, Me­sir, Pakistan, dan Turki.

Konsul Perhubungan KJRI Jeddah Amiruddin Muhammad Arsyad meng­konfirmasi bahwa Indonesia masih dalam daftar negara yang di-suspend atau di-ban Arab Saudi. Dia mengatakan keputusan pencabutan suspend untuk sebelas negara tersebut adalah kebijakan resmi dari Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi.

Sebelas negara yang dilepas ban-nya oleh Saudi adalah negara yang di­anggap efektif dalam pe­nanganan Covid-19, kata­nya kemarin (30/5). Dia tidak mengetahui kapan Saudi akan mencabut kem­bali daftar suspen atau ban untuk negara-negara beri­kutnya. Termasuk un­tuk Indonesia.

Dengan masih ma­suk­nya Indonesia dalam daf­tar yang di-suspend Arab Sudi, membuat peluang pengiriman jamaah haji tahun ini semakin tipis. Apalagi waktu pe­nye­leng­garaan haji sema­kin me­pet. Sesuai estimasi jadwal yang disusun Ke­menterian Agama (Keme­nag), dalam kondisi normal jamaah haji mulai dibe­rangkatkan ke Saudi pada 15 Juni atau setengah bulan lagi.

Insya Allah tidak ada (pengiriman jamaah, Red) haji untuk Indonesia, kata Ketua Umum Sarikat Pe­nyelenggara Umrah dan Haji Indonesia (Sapuhi) Syam Resfiadi. Dia me­negaskan jangan harap Arab Saudi memberikan kuota haji kepada Indonesia, selama kondisi Covid-19 di Indonesia masih se­perti sekarang ini. (jpg)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional