Menu

Napi Terima Ganja 200 Gram di Rutan, Dilempar OTK dari Balik Pagar

  Dibaca : 131 kali
Napi Terima Ganja 200 Gram di Rutan, Dilempar OTK dari Balik Pagar
MAIN GANJA— Unit Reskrim Polsek Kototangah mengamankan seorang Napi Rutan Anak Aia Padang setelah kedapatan akan mengambil ganja di dalam Rutan, Rabu (12/6). (romi rahmat/posmetro)

PADANG, METRO – Seorang narapidana kasus pencurian di Rumah Tahanan (Rutan) Anak Aia diamankan Unit Reskrim Polsek Kototangah, Rabu (12/6). Polisi mendapatkan laporan dari pihak Rutan bahwa Napi tersebut kedapatan memiliki Narkotika jenis ganja.

Narapidana itu dibekuk saat akan mengambil ganja yang dilemparkan oleh seseorang melalui pagar. “Tadi kami ditelepon oleh pihak Rutan dan menyebutkan mereka mengamankan narapidana yang ketahuan memiliki ganja,” ujar Kanit Reskrim Polsek Kototangah, Ipda Heru Gunawan.

Tersangka, Rahim Ali alias Unyil (23) langsung diamankan oleh pegawai Rutan yang saat itu sedang berpatroli. “Setelah kami jemput, tersangka langsung kami interogasi dan ia memang mengakui bahwa barang haram itu memang miliknya,” lanjutnya.

Modus tersangka dalam perkara tersebut adalah dengan menerima narkoba jenis ganja yang dilemparkan ke dalam Rutan.

“Modusnya dia menyuruh seseorang melemparkan ganja itu melalui pagar menggunakan kotak rokok dan batu sebagai pemberat,” lanjutnya.

Ia mengatakan, dari keterangan tersangka yang diinterogasi, hal itu merupakan ketiga kalinya ia memasukkan narkoba ke dalam Rutan.

“Ia mengakui sudah dua kali memasukkan narkoba ke dalam Rutan. Untuk yang ketiga kalinya kedapatan oleh petugas,” sambungnya.

Tersangka diketahui baru menjalani hukuman selama enam bulan dari vonis selama dua tahun yang dijalani. Dari tangan tersangka diamankan barang bukti narkoba jenis ganja sebanyak 103 gram dan kantong plastik warna hitam serta kertas koran.

“Tersangka akan diancam dengan Pasal 112 Jo 114 Undang Undang nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman penjara maksimal 20 tahun,” tutupnya.

Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Anak Aia Padang, Azhar mengatakan, tersangka pertama kali dilihat oleh warga binaan lain berusaha mengambil sesuatu dari dalam selokan di dekat pagar pembatas.

“Warga binaan tersebut melaporkan hal mencurigakan tersebut kepada kepala pengamanan Rutan dan langsung mendatangi tersangka di lokasi yang diinformasikan oleh warga binaan,” ujar Azhar.

Ditambahkan Azhar, ketika didatangi oleh kepala pengamanan, tersangka berpura-pura serta berdalih mengambil jemuran yang terjatuh. Padahal tidak ada satu pun pakaian yang jatuh di lokasi tersebut.

“Merasa curiga petugas keamanan Rutan mecoba mengitari sekitar lokasi dan di dapatilah sebungkus benda yang setelahnya dibuka ternyata berisi Narkotika jenis ganja,” ucap Azhar.

Setelah diInterogasi, napi tersebut mengaku bahwa ganja tersebut berasal dari temannya yang melemparkan ganja dari luar tembok.

“Kejadian tersebut dilaporkan ke Polsek Kototangah, dan selanjutnya diperiksa. Berat ganja diperkirakan seberat 200 gram,” pungkas Azhar. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional