Close

Nama Jalan di Depan Kantor Kajati Sumbar Berganti, Wako Resmikan Jalan Jaksa Agung R. Soeprapto

PEMBUKAAN SELUBUNG— Wali Kota Hendri Septa dan Kajati Sumbar Yusron membuka selubung plang nama jalan baru di depan kantor Kajati Sumbar, yakni di Jalan Jaksa Agung R. Soeprapto, Jumat (22/7) pagi.

RADEN SALEH, METRO–Wali Kota Padang Hen­dri Septa menyambut baik adanya perubahan pene­tapan nama sebuah jalan di Kota Padang yang diberi nama Jalan Jaksa Agung R. Soeprapto. Peresmian pe­ne­tapan nama baru jalan ter­sebut ditandai pem­bukaan se­lubung papan nama jalan oleh Wali Kota Hendri Septa bersama Ke­pala Kejaksaan Tinggi (Ka­jati) Sumbar Yus­ron di de­pan kantor Kajati Sumbar, Jumat (22/7) pagi.

“Atas nama Pemko Pa­dang, kita menyambut baik penetapan nama Jalan Jaksa Agung R. Soeprapto yang berada di ruas jalan utama Kota Padang ini. Nama beliau (R. Soeprapto) memang pantas dijadikan sebagai nama jalan karena telah berjasa bagi bangsa dan negara selaku perintis reformasi hukum di Tanah Air pada era1950-an,” ung­kap Wako Hendri Septa.

 Penetapan nama jalan tersebut adalah hasil tindak lanjut dari kunjungan Kajati Sumbar saat itu Anwarudin Sulistyono bersama dirinya dan jajaran. Upaya tersebut juga melewati rangkaian rapat dan kajian oleh tim yang dibentuk Pemko Padang un­tuk mengkaji dan meneliti usulan nama jalan yang berpijak pada Peraturan Daerah (Perda) No.12 Ta­hun 2015 tentang Penamaan Jalan, sampai  lahirnya Surat Keputusan (SK) Wali Kota Padang No. 264 Tahun 2022 tentang Status Ruas Jalan.

“Kita bersama me­nya­takan setuju, ka­rena penetapan Ja­lan Jaksa Agung R. Soe­prap­to di sepanjang Jalan Raden Sa­leh ini menjadi pengingat bagi kita untuk menghormati sekaligus mengabadikan orang yang telah berjasa bagi bangsa dan negara,” tutur dia.

“Tentunya kami berharap tidak ada masalah yang muncul dengan adanya perubahan nama jalan ini. Tapi justru sebaliknya, semoga memberikan manfaat bagi kita semua. Dan kita sudah melakukan pengurusan basis data kependudukan seperti KTP, KK, KIA, sertifikat tanah serta NIB, STNK dan asuransi lainnya melalui dukungan camat dan lurah secara intensif,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu atas nama Pemko dan warga Kota Padang Wali Kota Hendri Septa juga tak lupa mengucapkan selamat Ha­ri Bhakti Adhyaksa ke-62 di tahun ini bagi seluruh jajaran Korps Adhyaksa yang mengangkat tema “Kepastian Hukum, Humanis Menuju Pemulihan Eko­nomi”.

“Tema tersebut tentu memiliki makna yang da­lam bagi jajaran Korps Adhyaksa, dimana terdapat harapan masyarakat di tengah gencarnya upaya pemerintah untuk bangkit secara kreatif pasca pandemi Covid-19. Khususnya bagaimana penegakan hukum dapat memberikan kepastian hukum, rasa ke­adi­lan dan menunjukkan wajah hukum yang mempertimbangkan sisi humanis,” ucap orang nomor satu di Kota Padang tersebut.

Wali Kota juga menyampaikan agenda besar yang akan dihelat di Kota Padang. Selain peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Padang ke-353 pada 7 Agustus nanti, juga akan digelar event nasional Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke-15 yang akan diikuti 98 Wali Kota se-Indonesia pada 7-10 Agustus.

“Insya Allah sekitar 3.000 lebih orang/tamu yang terdiri dari Wali Kota se-Indonesia bersama delegasi akan datang ke Kota Padang. Kita tentu berharap dukungan semua pihak dan masyarakat termasuk jajaran Kejati Sumbar mendukung kesukse­san­nya. Semoga melalui momentum ini turut membangkitkan semangat bersama dalam memulihkan perekonomian kota yang kita cintai ini,” terang Wako Hendri Septa mengakhiri.

Pada saat yang sama Kajati Sumbar Yusran men­ceritakan, berdasarkan sejarah Jaksa Agung R. Soe­prapto semasa hidupnya dikenal sebagai seorang Jaksa yang patut diapresiasi karena selalu memegang teguh independensi lembaga dan profesinya sesuai Undang-undang (UU) saat itu.

“Bagi kita sangat tepat nama beliau dijadikan sebuah nama jalan tepatnya di sepanjang jalan depan Kantor Kejati Sum­bar ini. Nilai semangat dan prinsip yang selalu beliau pegang harus menjadi teladan dan spirit bagi kita untuk berjuang dalam memajukan dan men­sejahterakan masyara­kat sesuai bi­dang masing-masing,” imbuh Kajati.

Dalam kesempatan itu Wali Kota Hendri Septa dan Kajati Sumbar Yusron juga menyerahkan KTP perubahan status kependudukan secara simbolis kepada perwakilan warga yang berdomisili di jalan setempat.

Hadir mendampingi Wa­li Kota Padang saat itu yakni Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi bersama Kadisdukcapil Teddy Antonius, Kadis Pertanahan Raju Minropa serta Kepala DPMPTSP Corri Saidan. Selain itu juga terlihat Kadis Pariwisata Eri Sendjaya, Kabag Tata Pemerintahan Imral Fauzi dan Camat Padang Barat Junie Nursyamza. Kegiatan ini juga diikuti Wakajati Sumbar Aliza Rahayu Rusma beserta para Asisten dan pimpinan di jajaran Kejati Sumbar. (rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top