Menu

Nama Baik harus Segera Dipulihkan, Yanti Yosefa: Ibarat Air Susu Dibalas Air Tuba

  Dibaca : 169 kali
Nama Baik harus Segera Dipulihkan, Yanti Yosefa: Ibarat Air Susu Dibalas Air Tuba
DIVONIS TAK BERSALAH— Yanti Yosefa bersama Penasehat Hukumnya Riniarti Abas SH MH dan Syafniwarnida SH usai menjalani sidang di Pengadilan Negeri Padang (PN) Kelas IA Padang yang divonis tidak bersalah.

PADANG, METRO
Setelah Hakim Ketua Pengadilan Negeri Padang (PN) Kelas 1A Padang, Yose Ana Rosalinda dengan anggota Leba Handoko dan Agnes Simaga membacakan vonis bebas dalam perkara No.196/Pid B/2020/PN Pdg yang dibacakan di ruang sidang Kamis (23/7) lalu atas nama Yanti Yosefa (48), kini Yanti Yosefa dan keluarganya melalui Penesehat Hukum (PH) Riniarti Abas SH MH dan Syafniwarnida SH minta nama baiknya segera dipulihkan.

Selain itu Yanti Yosefa minta semuanya hak haknya sebagai warga negara sejak ditingkat penyidikan hingga dugaan kuat kasus ini dipaksakan harus direhabilitasi sesegera mungkin, sehingga tidak menganggu aktivitasnya sehari hari.

Penesehat Hukum (PH) Yanti Yosefa bernama Syafniwarnida SH, dan Riniarti Abas SH MH, kepada POSMETRO mengaku dengan dibacakana vonis itu maka ada hak-hak Yanti Yosefa harus dipenuhi.

Kata Syafniwarnida SH, sesuai penjelasan umum poin 3 huruf d undang undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana (KUHAP) yang berisi,”Kepada seorang yang ditangkap, ditahan, dituntut ataupun diadili tanpa alasan yang berdasarkan undang-undang dan atau karena kekeliruan mengenai orangnya atau hukum yang diterapkan wajib diberi ganti kerugian dan rehabilitasi sejak tingkat penyidikan dan para pejabat penegak hukum, yang dengan sengaja atau karena kelalaiannya menyebabkan asas hukum tersebut dilanggar, dituntut, dipidana dan atau dikenakan hukuman administrasi.”

Sedangkan kata Syafniwarnida, rehabilitasi adalah hak seorang untuk mendapat pemulihan haknya dalam kemampuan, kedudukan dan harkat serta martabatnya yang diberikan pada tingkat penyidikan, penuntutan atau peradilan karena ditangkap, ditahan, dituntut ataupun diadili tanpa alasan yang berdasarkan undang-undang atau karena kekeliruan mengenai orangnya atau hukum yang diterapkan menurut cara yang diatur dalam KUHAP.

Lebih jauh dikatakan Syafniwarnida SH, bahkan kliennya meminta nama baik nya dipulihkan dan ada dugaan kuat bahwa perkara ini dipaksakan. Namun demikian pada hakekatnya hakim sudah membacakan vonis yang dibacakan Hakim Ketua Yose Ana Rosalinda dan anggota menyatakan dengan sejelas jelasnya Yanti Yosefa panggilan Yanti tidak bersalah dalam perkara No.196/Pid B/2020/PN Pdg ini.

Selain itu sebagaimana penuturan klien saya Yanti Yosefa bahwa dirinya lah yang banyak membantu sehingga mereka sukses. Namun apa mau dikatakan. Ibarat air susu dibalas air tuba. Semuanya berbalik menyerang. Tapi Allah SWT telah memperlihatkan kekuasaan NYA.. sehingga tak terbukti semua tuduhan itu,” ujar Yanti Yosefa kepada POSMETRO didampingi PH nya kemarin.

Sebelumnya dalam sidang Perkara dengan No.196/Pid B/2020/PN Pdg kemarin itu berlangsung alot dan bahkan seorang saksi berbalik mengutarakan fakta kebenaran dalam persidangan. Bahkan saksi menjelaskan kasus yang sebenarnya kepada majelis hakim sehingga terkuaklah dalam persidangan, jika terdakwa tak bersalah, yang diperkuat dengan bukti-bukti dan fakta persidangan. (ped)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional