Close

Nagari Pakan Sinayan Baralek Batagak Pangulu

BERINOVASI--Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria saat menghadiri Alek Gadang Batagak Pangulu di Kanagaria Pakan Sinayan Kecamatan Banuhampu.

AGAM,METRO – Nagari Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, kembali menggelar alek gadang batagak pangulu nagari, malewakan gala pada 17 niniak mamak dari empat pasukuan, di medan nan bapaneh, nagari Pakan Sinayan, Kamis (27/12). Acara tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria Dt Tumangguang Putiah, anggota komisi V DPR RI, Ade Rezki Pratama serta tokoh-tokoh masyarakat nagari Pakan Sinayan.

Wabup Trinda mengatakan, bagi pemerintah Kabupaten Agam, batagak pangulu secara langsung maupun tidak langsung adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dengan suksesnya salah satu program strategis Pemkab Agam yaitu Gerakan Nagari Madani.
“Karena spirit yang kita bangun dalam program tersebut adalah mewujudkan Agam Madani ujung tombak Nagari Madani, “ ujar Trinda.

Dikatakan, salah satu dari pilar yang akan mempercepat proses terbentuknya nagari madani adalah niniak mamak serta seluruh stakeholder yang ada di nagari. Pengangkatan pangulu pada hakekatnya, ketika diangkat kepemimpinan seorang niniak mamak tumbuhnya rasa tanggungjawab terhadap anak kemenakan dan tanggungjawab terhadap nagari.

Dilain itu, panitia penyelenggaraan acara T. Dt Rajo Endah Nan Kuniang mengatakan, batagak pangulu di nagari Pakan Sinayan kali ini, merupakan angkatan ke-3 yang sebelumnya di tahun 1963 mengangkat 36 pangulu, tahun 2003 sebanyak 26 pangulu, dan yang di tahun ini sebanyak 17 payung panji dari empat pasukuan.

“Untuk syarat pangulu yang diangkat adalah kebiasaan atau adat salingka nagari Pakan Sinayan mengacu adat sebatang panjang yaitu mambangkik batang tarandam, yang dimaksud ialah meninggalnya niniak mamak pasukuan, baru dibolehkan dibangkitkan baju nan balipek, dan juga diantaranya, baligh barakal, patut jo mungkin, mempunyai sifat sidiq, amanah, fatanah, dan tablig,” ulas Trinda. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top