Menu

Nagari Lubuk Basung Pilot Project Program Desa Peduli Pemilu

  Dibaca : 69 kali
Nagari Lubuk Basung Pilot Project Program Desa Peduli Pemilu
Wakil Bupati Agam Irwan Fikri menandatangani nota kesepakatan (MoU) bersama antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar dengan Pemkab Agam tentang penyelenggaraan Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) di Aula Kantor Bupati Agam, Rabu (8/9).

AGAM, METRO–Wakil Bupati Agam Irwan Fikri me­nan­datangani nota kesepakatan (MoU) bersama antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sum­bar dengan Pemkab Agam tentang penye­leng­garaan Desa Peduli Pemilu dan Pe­milihan (DP3) di Aula Kantor Bupati Agam, Rabu (8/9).

Ketua KPU Sumbar Yanuk Sri Muryani mengatakan, dalam penyelenggaraannya, pihaknya telah menetapkan dan memilih sebanyak 25 kader DP3 dari Nagari Lubuk Basung. “Dalam rangka menyongsong Pemilu serentak tahun 2024, kita harus mempersiapkan segala hal, agar proses Pemilu serentak 2024, bisa berjalan dengan sukses seperti Pemilu yang lalu,” ujar Yanuk.

Dikatakan, untuk mensukseskan Pemilu serentak 2024, KPU RI telah melakukan berbagai inovasi dan formulasi. Salah satunya melalui program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan. “Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat,” ujar Yanuk.

Dijelaskan, untuk pelaksanaan program DP3 tersebut dilakukan di 34 provinsi. Untuk Provinsi Sumbar, pihaknya telah me­ne­tapkan Kabupaten Agam sebagai pilot project program DP3, tepatnya di Nagari Lubuk Basung.

”Pada program DP3 ini, kita telah merekrut beberapa kader sebagai perpanjangan tangan dari KPU. Nantinya kader ini akan diberi pembekalan dan pelatihan agar dapat men­sosialisasikan kepada masyarakat,” terang Yanuk.

Lebih lanjut dijelaskan, sehingga ma­syarakat bisa paham dan mengerti akan Demokrasi dan Pemilu, serta bisa me­num­buhkan kesadaran masyarakat, betapa pen­tingnya Demokrasi dan dan Pemilu tersebut.

Sementara itu, Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri mengucapkan terimakasih kepada KPU RI dan Provinsi Sumbar yang telah memilih Agam sebagai pilot project program DP3.  “Semoga kader-kader yang telah dipilih, setelah diberikan pelatihan dan pem­be­kalan, bisa menjadi ujung tom­bak dalam mendongkrak partisipasi pe­milih pada pemilihan yang akan datang,” harap Irwan.

Dikatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung penuh langkah yang dilakukan KPU dalam meningkatkan partisipasi ma­syarakat untuk mensukseskan Pemilu 2024 mendatang.  (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional