Menu

Nagari Layak Anak, M Nur: Jangan Merokok Dekat Anak-Anak

  Dibaca : 92 kali
Nagari Layak Anak, M Nur: Jangan Merokok Dekat Anak-Anak
FOTO BERSAMA— Wali Nagari M Nur foto bersama stafnya di kantor Wali Nagari. (efa nurza/posmetro)

PDG.PARIAMAN, METRO – Wali Nagari Pauhkambar M Nur menyatakan dalam rangka pengembangan Nagari Layak Anak (NLA) nagarinya membentuk Nagari  Layak Anak.

“Implementasi dari Nagari Layak Anak (NLA) inilah kemudian dibentuk satuan unit gugus tugas nagari layak/ramah anak. Maksud pengembangan NLA adalah untuk membangun inisiatif pemerintahan nagari, masyarakat dan dunia  usaha,” M Nur, kemarin.

Semua itu, mewujudkan visi,  misi, kebijakan, program,  kegiatan  dan  kelembagaan  pembangunan  yang  peduli,  sensitif  dan  memihak  pada  kepentingan terbaik anak dan menjamin terpenuhinya hak anak di nagari.

Tujuan pengembangan NLA adalah untuk meningkatkan kepedulian aparat nagari, masyarakat dan dunia usaha di wilayah  tersebut  dalam  upaya  mewujudkan  pembangunan  desa  yang  ramah terhadap  pemenuhan  hak,  kebutuhan  dan  kepentingan  terbaik bagi anak.

Kemudian, menyatukan potensi sumber daya manusia, keuangan, sarana prasarana, metoda dan teknologi yang ada pada pemerintahan nagari, masyarakat serta perusahaan  yang  ada  di nagari  dalam  memenuhi  hak anak.

Selanjutnya,  melaksanakan kebijakan pemenuhan hak anak melalui perumusan strategi dan  perencanaan  pembangunan  nagari  dan untuk  memperkuat  peran  dan  kemampuan pemerintah  desa dalam mewujudkan  pembangunan di bidang  perlindungan  anak dan pemenuhan hak anak.
Dikatakan, Nagari Pauh Kambar, mendeklarasikan Nagari Pauh Kambar menuju Nagari Layak Anak, hal tersebut merupakan sejarah  baru bagi Anak-anak Nagari Pauh Kambar, karena seluruh pemangku kepentingan terhadap  pemenuhan hak anak  akan bersama-sama  berkomitmen mewujudnyatakan hak-hak tersebut.

M. Nur mengungkapkan bagian penting lain yang dicatat, bahwa forum anak Nagari Pauh Kambar membuat fakta integritas

“Tujuan dari adanya fakta integritas adalah meminta komitmen dari orang-orang dewasa untuk menghindarkan  rokok bagi  dunia anak-anak. Melindungi mereka sampai pada akhirnya dewasa dan dapat memilih sendiri namun dengan kesadaran yang telah di upayakan dibagun sejak dini,” ujarnya.

M.Nur juga menyampaikan isi fakta integritas yakni warga masyarakat Pauhkambar tanpa terkecuali  diminta tidak  merokok  di depan anak- anak, tidak mengijinkan dan memberi contoh bahkan meminta dan memaksa anak-anak untuk merokok. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional