Close

Nagari Kunpar Resmi sebagai Kampung Pancasila

RESMIKAN—Komandan Kodim 0310 SS Letkol Inf Endik Hendra Sandi S.Sos.M.I.Pol didampingi Wakil Bupati Sijunjung H.Iraddatillah dan Forkopimda meresmikan Nagari Kunangan Parik Rantang Kecamatan Kamang Baru sebagai Kampung Pancasila.

SIJUNJUNG, METRO–Komandan Kodim 0310/SS  Letkol Inf Endik Hendra Sandi S.Sos.M.I.Pol didam­pingi Wakil Bupati Sijunjung H.Iraddatillah dan Forkopimda meresmikan Nagari Kunangan Parik Rantang  Kecamatan Kamang Baru sebagai Kampung Pancasila, Kamis (22/9).  Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0310/SS mengatakan bahwa pembentukan Kampung Pancasila tersebut adalah ide dan petunjuk dari Kepala Staff Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurrahman untuk setiap Kodim atau setiap kabupaten dan nanti dilanjutkan di kecamatan ada Kampung Pancasila.

“Pencanangan Kampung Pancasila ini merupakan tindak lanjut dari perintah pimpinan TNI AD guna membumikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sosial masyarakat yang akhir-akhir ini semakin tergerus oleh kemajuan jaman,” ucapnya.

Endik juga menjelaskan, adapun tujuan dibentuknya kampung pancasila tersebut tak lain dan tak bukan hanya  untuk mempersa­tukan seluruh komponen bangsa di wilayah, sehingga tercipta kehidupan yang harmonis dilingkungan ma­syarakat walaupun berbeda suku, ras dan agama.

“Termasuk warga di Nagari Kunangan Parik Rantang Kecamatan Kamang ini, dimana warga atau penduduknya beragam macam adat, budaya, bahasa dan agama serta mereka bisa hidup rukun dan berdampingan satu sama lainnya. Oleh karena itu, Nagari Kunpar yang terdiri dari Sembilan Jo­rong ini kita jadikan sebagai Kampung Pancasila,” tuturnya.

Dandim juga  menambahkan, dengan diresmikannya Kampung Pancasila di Nagari Kunpar tersebut juga sebagai usaha pemerintah daerah untuk melestarikan nilai-nilai yang terkandung dalam butir pancasila dalam menciptakan kerukunan antar umat beragama serta men­dorong masyarakat agar saling menghormati dan menghargai sesama guna kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

“Bersama TNI kita berharap kampung pancasila ini sebagai contoh untuk Nagari, Jorong maupun Kecamatan lainnya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga semangat masya­ra­kat menghayati nilai-nilai luhur bangsa dan ne­gara dalam pengamalan Pancasila, dimana ma­syarakat saling menghor­mati dan bergo­tong royong dalam membangun NKRI,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sijunjung H.Irad­datillah memberikan apresiasi kepada Dandim 0310/SS beserta personilnya yang telah memprakarsai terbentuknya kampung Pancasila tersebut.

“Salut dan apresiasi  kepada semua pihak beserta warga masyarakat Kenagarian Parik Rantang, khususnya Kodim 0310/SS yang telah memprakarsai terbentuknya kampung Pancasila di Nagari Kunpar. Ini merupakan suatu kegiatan yang sangat bagus untuk menggugah hati dalam mengenang jasa-jasa para pahlawan serta menanamkan rasa patriotisme kepada segenap war­ga masyarakatnya,” katanya.

Wabup menyampaikan bahwa kondisi masyarakat Kabupaten Sijunjung yang sangat beragam dari sisi suku, agama dan budaya dapat menjadi alat pemersatu untuk bersama-sama berperan aktif dalam pembangunan di Kabupaten Sijunjung serta berharap agar tetap menerapkan dan menjunjung tinggi ni­lai-nilai pancasila dalam bingkai kebhinekaan se­hingga dapat tercipta  kehidupan yang aman, da­mai dan sejahtera

“Pancasila adalah da­sar negara, dan merupakan harga mati yang tidak tergantikan. Diharapkan de­ngan program yang dilaksanakan dalam kampung pancasila ini dapat membentuk kepribadian yang unggul, menghasilkan ke­cerdasan spiritual, emosional dan intelektual, menjadikan masyarakat yang toleran, menerapkan mu­syawarah dan mufakat dalam mengambil keputusan serta penerapan da­lam kehidupan,” harap­nya. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top