Menu

Nagari Kumanis Sumpur Kudus jadi Kampung Masker, Setiap Warga yang Beraktivitas di Luar Rumah Wajib Pakai Masker

  Dibaca : 233 kali
Nagari Kumanis Sumpur Kudus jadi Kampung Masker, Setiap Warga yang Beraktivitas di Luar Rumah Wajib Pakai Masker
NAGARI MASKER— Kapolres Sijunjung AKBP Nagari Kumanis Andry Kurniawan didampingi Kapolsek Sumpur Kudus foto bersama di Nagari Kumanis sebagai nagari wajib masker.

SIJUNJUNG, METRO
Nagari Kumanis, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung ditetapkan menjadi yang wajib mengenakan masker kepada seluruh masyarakat saat beraktivitas di luar rumah.  Masyarakat setempat bersama pemerintah nagari dan sejumlah tokoh menyepakati upaya dalam pencegahan penularan Covid-19, terutama di Nagari Kumanis. Gerakan kampung masker tersebut digagas Kapolsek Sumpur Kudus Iptu Guzirwan, Danramil, Camat, Wali Nagari dan masyarakat yang ada di Nagari Kumanis, Kecamatan Sumpur Kudus.

Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan, meresmikan gerakan kampung wajib masker tersebut. Bahkan, Kapolres pun mendukung dan mengapresiasi gerakan tersebut sebagai upaya penerapan protokol kesehatan di masa pandemi.

“Ini bagus, sebagai kampung percontohan penerapan kampung masker di tengah maayarakat. Jadi mewajibkan warganya yang keluar rumah menerapkan protokol kesehatan (Prokes), seperti menggunakan masker guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar Kapolres melalui Kasubag Humas Iptu Nasrul Nurdin, kemarin.

Menurutnya, penggunaan masker perlu menjadi kebiasaan bagi setiap masyarakat. “Dengan adanya kampung masker ini kita berharap pemahaman masyarakat bisa ditingkatkan, kemudian timbul kesadaran hingga menjadi kebiasaan,” terang Nasrul.

Selain mewajibkan warga menggunakan masker saat keluar rumah, perangkat nagari beserta Satgas Covid-19 juga melakukan razia masker terhadap warga dan pengendara yang melintas.

“Jadi semua orang di nagari itu, memiliki peran untuk mengingatkan penggunaan masker ini. Ditambah  memasang poster kawasan wajib masker di sejumlah jalan masuk ke nagari. Ini juga akan diterapkan untuk nagari yang ada di Kecamatan Sumpur Kudus. Poster tersebut berisi imbauan keras pentingnya penggunaan masker, karena berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan bersama,” ungkap Nasrul.

Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan juga menambahkan langkah nyata inipun dinilai patut dicontoh oleh nagari dan kecamatan lainnya. “Selain menetapkan lingkungan wajib masker, bahkan ada warga lainnya juga yang peduli membagikan masker dengan sesama, atau bagi yang belum punya masker,” ujar kapolres.

“Kita sangat apresias dengan adanya gerakan ini, terutama bagi seluruh elemen yang berperan menjadikan nagari Kumanis dan sekitarnya sebagai kampung masker,” sebut Kapolres. (ndo)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional