Menu

Nagari Diharapkan Membentuk Satgas PPA

  Dibaca : 57 kali
Nagari Diharapkan Membentuk Satgas PPA
Kabid Perlindungan Anak Dalduk KB PP dan PA Agam, Asnidawati

AGAM, METRO
Dinas Dalduk KB PP dan PA Kabupaten Agam berharap pemerintah nagari bentuk Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA), untuk penanganan awal kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Kabid Perlindungan Anak Dalduk KB PP dan PA Agam, Asnidawati menjelaskan, apabila Satgas PPA terbentuk akan dapat membantu pemerintah daerah dalam upaya penjangkauan dan penanganan awal kasus kekerasan pada perempuan dan anak “Untuk penanganan selanjutnya akan ditangani bersama pemerintah daerah, yang dalam hal ini adalah Dalduk KB PP dan PA,” ujar Asnidawati.

Dikatakan, untuk anggota Satgas PPA adalah relawan yang bisa menjadi teladan di lingkungannya seperti, orang yang tidak pernah menjadi pelaku kekerasan.

Ia menyebutkan, bila nanti terbentuk Satgas PPA, maka kasus kekerasan pada perempuan dan anak diharapkan dapat terselesaikan hanya di lingkup keluarga, atau dengan cara mediasi dan penyelesaian oleh ninik mamaknya. “Jika tidak bisa terselesaikan, maka penyelesaiannya dapat dilakukan secara berjenjang sampai ke tingkat Kabupaten Agam,” sebut Asnidawati

Untuk itu, Wati berharap terbentuknya Satgas PPA di nagari agar dapat berkolaborasi dengan Dalduk KB PP dan PA dalam penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, dengan melibatkan masyarakat membantu penyelesaian permasalahan perempuan dan anak melalui satgas PPA tersebut.

Dijelaskan, Dalduk PP KB PP dan PA Agam tahun ini mendapat dukungan dana dari pusat dalam penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. Tapi Asnidawati tidak menyebutkan berapa dana yang dikucurkan untuk penanganan kasus tersebut.

“Penggunaan dana DAK itu mulai dari biaya visum, transpor dan konsumsi dalam penanganan kasus, pendampingan korban, bantuan spesifik kebutuhan korban, bantuan tenaga ahli psikolog, bantuan hukum jika diperlukan sampai biaya untuk perlindungan sementara korban,” ujar Wati. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional