Menu

Nagari Cubadak Garap Potensi Sumber Air

  Dibaca : 172 kali
Nagari Cubadak Garap Potensi Sumber Air
Ilustrasi

TANAHDATAR, METRO – Pembangunan tiga sektor unggulan sumber mata air untuk dijadikan kawasan wisata. Bakal Dikemas dan dikembangkan Nagari Cubadak, Kecamatan Lima Kaum, Tanahdatar. Tiga kawasan sumber air utama di nagari ini, seperti Tabek Ganggam, Pulau Sisiau dan Dabuangda Piliang akan dibangun fasilitas embung lengkap dengan anggaran yang berasal dari Kementerian Desa.

”Kelak setelah siap pembangunan embung ketiga kawasan ini punya potensi untuk dikemas dan dikembangkan jadi wisata air serta panorama alam,” kata Asri Rizallis pada Musrenbang beberapa hari lalu di Batisangkar.

Dihadapan Ketua Tim Daryanto Sabir, Wakil Ketua DPRD Irman, Kaban BKD Adrion Nurdal, Camat Limo Kaum Afrizal, pengurus KAN dan BPRN serta masyarakat Nagari Cubadak, Wali Nagari mengatakan bahwa ketiga usulan pembangunannya berasal diluar Anggaran Pendapatan Belanja (APB) nagari tahun 2019 ini.

Terkait  APB Nagari Cubadak yang berada di tahun lalu,  Wali Nagari mengatakan bahwa telah mendapatkan anggaran sebanyak Rp1,842 .697.815 berasal dari pendapatn asli nagari, dana desa, bagi hasil pajak dan retribusi daerah, bantuan keuangan APBD kabupaten serta bantuan Bumnag dari Kemendes.

“Kegiatan yang berhasil direalisasikan dengan nominal Rp.1.611.820.057,” ungkap Asri Zallis.

Diutarakan, dalam RKP tahun 2020 mendatang telah diprioritaskan bidang pembangunan fisik dan non fisik nagari, pemberdayaan dan pembinan masyarakat yang tentu didambahkan masyarakat nagari Cubadak untuk bisa terealisasi dan terlaksana.

Dukungan untuk terealisasinya RKP ini disampaikan Wakil Ketua DORD Irman. Menurutnya, bila rencana lolos berarti masyarakat Nagari Cubadak telah berhasil membangun nagarinya dengan baik, diikuti pemberdayaan masyarakat dan kegiatan keagamanan yang lebih baik.”Dengan adanga prioritas yang jelas dan rasional ini, RKP milik Nagari Cubadak ini lolos hingga bisa menembus APBD tahun selanjutnya,” ujar Irman. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional