Menu

Muswil III, Sudarman Terpilih jadi Ketua Umum PW Persis Sumbar

  Dibaca : 270 kali
Muswil III, Sudarman Terpilih jadi Ketua Umum PW Persis Sumbar
Digelar secara daring, Musywil III PW Persis Sumbar pilih Sudarman sebagai Ketua Umum masa jihad 2020–2024.

PADANG, METRO—Pimpinan Wilayah Persatuan Islam (PW Persis) Sumatera Barat (Sumbar) menggelar Musyawarah Wilayah (Musywil) III secara daring pada Minggu, 9 Agustus 2020. Musywil mengusung tema “Soliditas Gerakan Dakwah Persis Sumbar untuk mewujudkan ABS-SBK”.

Kegiatan dibuka secara daring (dalam jaringan atau online) oleh Pimpinan Pusat Persis Bidang Pengembangan Jam’iyyah KH. Salam Rusyad.

Dalam sambutannya, KH. Salam Rusyad mengajak pengurus dan anggota Persis untuk memperkokoh pemahaman dalam berdakwah kepada masyarakat. “Berdakwahlah untuk mengajak masyarakat kepada Islam yang kaffah, bukan semata-mata mengajak mereka masuk ke Persis,” pesannya.

Lebih lanjut, KH. Salam Rusyad menyampaikan bahwa dakwah Persis membawa misi yaitu menyebarkan Islam yang rahmatan lil alamin. “Kita ingin menampilkan Islam seindah mungkin. Jangan sampai orang lari dari Islam karena melihat penampilan dakwah yang menakutkan,” tutupnya.

Ketua PW Persis Sumbar Syafril, S.Ag., S,IQ menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan Musywil kali ini diadakan secara daring mengingat pandemi yang masih berlangsung.

“Oleh karena itu, kami mengikuti anjuran untuk tidak menghadirkan jamaah Persis secara massal,” ujarnya.

Untuk diketahui, Musywil III ini seharusnya dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2020 di Aula Bupati Solok. “Persiapnnya sudah 90 persen, tetapi terpaksa diundur karena pandemi Covid-19,” ujar Ketua Pania Dr. Sudarman, MA.

Agenda pertama dalam Musywil III PW Persis Sumbar yakni penyampaian laporan pertanggung jawaban (LPJ) pengurus PW Persis Sumbar masa jihad 2016–2020 di bawah kepemimpinan Syafril, S.Ag., S,IQ.

Dalam LPJ-nya, Syafril, S.Ag., S,IQ mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus yang telah bahu membahu dalam menuntaskan amanah. “Saya juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Sumbar yang telah banyak membantu terhadap dakwah dan harakah Persis,” lanjutnya.

Syafril berharap pengurus yang terpilih masa jihad 2020–2024 mampu meneruskan dakwah dan harakah Persis dengan baik.  

Setelah penyampaian LPJ pengurus PW Persis Sumbar masa jihad 2016–2020, kegiatan dilanjutkan dengan pemilihan pengurus PW Persis Sumbar masa Jihad 2020–2024.

Seluruh peserta secara aklamasi memilih Dr. Sudarman, MA sebagai Ketua Umum PW Persis Sumbar masa Jihad 2020–2024.

Dalam sambutannya, Dr. Sudarman, MA menyampaikan pihaknya akan fokus dengan empat program selama empat tahun kepengurusan.

Pertama, memperkokoh soliditas internal ke pengurusan. Kedua, menargetkan pendirian pengurus daerah serta pengurus cabang.

Ketiga, membentuk organisasi otonom seperti Persatuan Islam Istri (Persistri), Pemuda dan Pemudi Persatuan Islam, Himpunan Mahasiswa (Hima), dan Himpunan Mahasiswi (Himi).

“Terakhir, karena kita di Persis dikenal dengan pendidikan, maka target PW Persis Sumbar empat tahun kedepan yakni mendirikan pesantren Persatuan Islam Sumatra Barat,” tutup Dr. Sudarman, MA. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional