Menu

Musrenbang RKPD 2022, Great Bukittinggi Disosialisasikan

  Dibaca : 369 kali
Musrenbang RKPD 2022, Great Bukittinggi Disosialisasikan
MUSRENBANG— Pemko menggelar Musrenbang RKPD 2022. Dalam kegiatan Musrenbang itu sekaligus disosialisasikan brand Bukittinggi yang disebut ”Great Bukittinggi”.

BUKITTINGGI, METRO
Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi gelar musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2022. Kegiatan itu dilaksanakan di Balairung rumah dinas wali kota, Senin (5/4). Dalam kesempatan itu disosialisasikan city branding ‘Great Bukittinggi’, dengan upaya meningkatkan persepsi daya saing Kota Wisata Bukittinggi.

Kepala Bapelitbang Kota Bukittinggi Rismal Hadi menjelaskan, Musrenbang RKPD merupakan forum antar pemangku kepentingan dalam rangka membahas rancangan RKPD. Musrenbang tingkat kota ini merupakan salah satu tahapan dalam rangka penyusunan RKPD Kota Bukittinggi tahun 2022.

Sesuai dengan amanat UU No.25/2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Di mana salah satu pendekatan yang dipakai dalam Penyusunan Perencanaan Pembangunan Daerah, pendekatan secara Top Down dan Bottom Up Planning yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Kelurahan sampai tingkat kota dan dilanjutkan ke tingkat provinsi dan nasional.

“Sebelumnya, 2-11 Februari lalu, Musrenbang telah dilaksanakan di tingkat kelurahan sudah diadakan di 24 kelurahan dan dilanjutkan pada 15-16 Februari dengan musrenbang tingkat kecamatan di tiga kecamatan. Selanjutnya, hari ini dilaksanakan Musrenbang Tingkat Kota,” jelas Rismal.

Rismal menjelaskan, hasil Musrenbang tingkat kota ini akan dijadikan bahan penyempurnaan rancangan RKPD kota Bukittinggi tahun 2022.

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar memaparkan, visi Kota Bukittinggi 2021-2026, menciptakan Bukittinggi hebat, berlandaskan Adat Basandi Syara’, Syara’ Basansi Kitabullah (ABS-SBK). Visi itu dijabarkan dalam tujuh misi, hebat sektor peningkatan ekonomi kerakyatan, hebat dalam sektor pendidikan, hebat sektor kesehatan dan lingkungan. Kemudian, hebat dalam sektor kepariwisataan, seni budaya dan olahraga, hebat dalam tata kelola pemerinahan, hebat dalam sektor sosial kemasyarakatan dan hebat dalam sektor pertanian.

“Langkah konkritnya, kita mengupayakan membangun city branding ‘Great Bukittinggi’. Branding yang dimaksud untuk menyampaikan citra positif yang bermaksud untuk meningkatkan persepsi yang dimiliki dan dapat membantu meningkatkan daya saing Kota Bukittinggi secara keseluruhan. Tujuannya, menjadi sarana pemasaran yang baik untuk memperkuat identitas Bukittinggi. Kita menumpang pada nama besar Bung Hatta. Sehingga kedepannya, kita punya kebersamaan dalam penyebutan nama Bukittinggi,” jelas Erman.

Great Bukittinggi atau Bukittinggi hebat itu dikuatkan dengan adanya nilai budaya ABS-SBK, didukung kondisi geografis, dukungan bidang wisata. Selanjutnya Bukittinggi juga memiliki produk lokal, kuliner, sejarah dan tokoh yang mendunia.

Selain itu, wako juga menyampaikan, beberapa langkah percepatan pembangunan, juga telah dilakukan. Pada rakor dengan pemerintah provinsi Sumbar, Pemko Bukittinggi juga mengusulkan kegiatan, diantaranya, pembangunan saluran induk Simpang Jambu Air, pembangunan TPA regional, penataan kawasan stasiun PT. KAI, pembangunan baru jembatan Ngarai Sianok dan revitalisasi Pasar Bawah. “Selain itu, kami juga telah menemui Mentri Perdagangan, Mentri BUMN dan Mentri Kesehatan. Ini dilakukan untuk bagaimana menggaet dana dari pusat agar dapat membantu percepatan pembangunan di berbagai bidang di Kota Bukittinggi,” jelas Erman.

Dalam paparannya, Wako juga menyampaikan rencana untuk pembangunan Stasiun Streed Food, Minangkabau Night Market, penataan Pasar Lereng, Revitalisasi Pasar Bawah, creative space dan sejumlah kegiatan lainnya. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional