Menu

Musrenbang Referensi Mengambil Kebijakan Pembangunan

  Dibaca : 359 kali
Musrenbang Referensi Mengambil Kebijakan Pembangunan
CENDERAMATA—Plt Bupati Solsel Abdul Rahman memberikan cendramata berupa miniatur Rumah Gadang kepada anggota DPD RI . Alirman Sori. Terlihat Sekdakab H Yulian Efi dan Wakil ketua DPRD Solsel Armen Syahjohan pada Musrenbang.

SOLSEL, METRO
Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang telah dilaksanakan merupakan referensi utama dalam pengambilan keputusan dalam proses pembahasan Rancana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun berikutnya.

“Bahwa dari hasil Musrenbang itu akan menjadi referensi utama dalam pengambilan keputusan dalam APBD tahun anggaran berikutnya. Dari kegiatan ini akan ditampung aspirasi masyarakat,”ujar Plt Bupati Solok Selatan (Solsel) H Abdul Rahman saat membuka musrenbang tingkat kecamatan di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), Kamis (5/3).

Dia menjelaskan, kegiatan Musrenbang jangan hanya menjadi acara seremonial. Dimana Musrenbang merupakan wadah penyampaian aspirasi dari masyarakat langsung, yang akan dituangkan dalam program-program prioritas yang akan dianggarkan didalam APBD. Pemerintah daerah akan transparan, jika ada usulan dalam musrenbang yang tidak terakomodir dalam APBD maka harus dijelaskan alasannya kenapa tidak bisa terakomidir. “Kita akan buat transparan, usulan musrenbang yang terseleksi harus dijelaskan alasannya, bila jadi prioritas juga harus dijelaskan kenapa program ini harus diprioritaskan,” ungkap Abdul Rahman.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solsel Armen Syahjohan menyampaikan permintaannya agar pemerintah daerah memprioritaskan untuk membangun kembali jembatan Sungai Pangkua dan Kerusakan fasilitas umum di Pinti Kayu, Pakan Rabaa Timur yang hancur akibat bencana banjir yang melanda daerah itu beberapa bulan lalu. Kami selaku wakil rakyat di DPRD siap mengawal program prioritas musrenbang untuk di anggarkan di APBD nantinya. “Kami dari DPRD siap selalu mengawal program prioritas yang akan dianggarkan untuk tahun berikutnya,” sebut Armen.

Musrenbang di Kecamatan KPGD menjadi istimewa karena juha dihadiri oleh Anggota DPD RI Alirman Sori. Pada kesempatan itu , senoator tersebut mengapresiasi Pemerintahan Daerah yang sering datang ke DPD RI menyampaikan aspirasi daerah.

Ia berharap pemerintah daerah dan masyarakat memanfaatkan DPD RI sebagai jembatan penyampaian aspirasi dari bawah. Sehubungan dengan Musrenbang, ia menyebutkan, kegiatan ini bukan ajang diskusi seremonial, Musrenbang merupakan kebijakan awal untuk menentukan konsep pembangunan yang bernilai ekonomis dan bermanfaat untuk menumbuhkan pertumbuhan ekonomi.

“Dalam Musrenbang ini, jangan membangun karena politik, tapi berdasarkan prioritas, fokus satu objek tapi bermanfaat langsuang bagi masyarakat. Untuk itu jangan bebankan pembangunan kepada DPRD, dengan meminta sedikit sedikit, tapi fokus pada satu pembangunan, selesai satu tahap,”ujar Armen.

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Yulian Efi, sejumlah Anggota DPRD, kepala OPD, Camat KPGD Syahrul Munir, Wali nagari dan perangkatnya, Tokoh masyarakat, dan para peserta Musrenbang lainnya. (afr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Iklan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional