Menu

Musrenbang Nagari Pasie Laweh Sungai Tarab Prioritaskan Pembangunan Kepentingan Masyarakat

  Dibaca : 218 kali
Musrenbang Nagari Pasie Laweh Sungai Tarab Prioritaskan Pembangunan Kepentingan Masyarakat
Musrenbag Nagari Pasie Laweh Kecamatan Sungai Tarab

TANAHDATAR, METRO – Dalam merencanakan suatu kegiatan pembangunan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat harus ada perioritas kebutuhan yang seimbang, dengan pemanfaatan untuk meraih hasil yang maksimal.

Hal tersebut disampaikan Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Zulkifli selaku Ketua Tim II Pembinaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbag) Kabupaten Tanahdatar saat menghadiri Musrenbang Nagari Pasie Laweh Kecamatan Sungai Tarab, di aula kantor tersebut, Senin (11/2).

Zulkifli sampaikan, Musrenbang adalah tahap awal peningkatan kesejahteraan masyarakat yang nantinya berujung pada pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020.

Ia menambahkan, melalui Musrenbang Nagari tentu banyak permasalahan yang nantinya menjadi prioritas kegiatan di tahun anggaran 2020. Akan tetapi ia mengharapkan untuk lebih dulu mengutamakan  prioritas kegiatan paling dibutuhkan masyarakat pada saat ini dan jelas pemanfaatan secara maksimal.

Bahwa berkat upaya bersama, ulasnya, ada beberapa kegiatan pembangunan yang diusulkan nagari kebupaten bersumber dari APBD antara lain. Aspal/rabat beton dan drainase jalan Tanjung Lado-Lereng Gunung Marapi, Pengecoran bahu jalan Talang Dasun ke Lurah Ampang, normalisasi batang Bangkalan dan pembanguan gapura dan pos jaga nagari.

Selanjutnya, perioritas yang bersumber dari APB nagari yaitu irigasi Banda lereng, pembukaan rabat beton jalan dari Ampang Salo-Guguak Pauh-Polak Sabaleh, pembangunan jembatan gantung Rawung-Surau Pulau dan pendirian Bank sampah.

Ia mengingatkan, agar apa yang menjadi prioritas melalui Musrenbag Nagari dapat dilanjutkan pada Musrenbang Kecamatan untuk diusulkan ke Kabupaten Tanah Datar, insya allah dapat diterima dan dianggarkan di kabupaten, mengingat persaingan untuk menjadi prioritas kegiatan utama juga diharapkan oleh Nagari lainnya.

Sementara itu, Wali Nagari Pasie Laweh Mukhtar Kiman, menyebutkan Musrenbag Nagari tahun ini mengangkat tema “Duduak Surang Basampik-Sampik, Duduak Basamo Balapang-Lapang” dengan prioritas kegiatan dibidang Sarana Prasarana, Ekonomi dan Sosial Budaya serta bidang Pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

Ia menjabarkan, bahwa di bidang Sarana Prasarana terdiri dari 5 prioritas kegiatan dengan urutan prioritas utama Irigasi Banda Lereng. Di bidang Ekonomi terdapat 6 prioritas kegiatan nagari dengan urutan prioritas utama pembukaan jalan rabat beton dari ampang salo-sampai polak Sabaleh di bidang Sosial Budaya yang salah satunya pengadaan lampu jalan di Nagari Pasie Laweh dari 5 prioritas usulan Nagari Pasie Laweh, di bidang  pemberdayaan masyarakat pembinaan kegiatan keagamaan dengan menganggarkan seragam guru TPA dan penalitihan BumNag.

Sealin itu ungkapnya, tahun ini juga diakan dilaksanakan lanjutan pembangunan kantor walinagari, jalan usaha tani Sawah Danau, pegadaan pipa irigasi sawah kubang dan rabat beton jalan Sungai Kabu ke jembatan SMA 2 Sungai Tarab.

Di kesempatan yang sama anggota DPRD Tanahdatar Dedi Edmon mewakili anggota yang hadir lainnya mengatakan, pembanguan tidak hanya diperioritaskan untuk pembanguan fisik. Akan tetapi juga meliputi pembangunan karakter Masyarakat dan upayakan yang langsung berdampak manfaatnya untuk kesejahteraan masyarakat.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Anggota DPRD Tanahdatar, Nurhadi Zahari, Syahrial, Yalpema Jurin, Pimpinan OPD yang tergabung Dalam Tim Musrembang Nagari, Camat dan Forkopimca, Walinagari se Kecamatan Sungai tarab, tokoh masyarakat, kepala sekolah SD, SMP dan SMA se Kecamatan Sungai Tarab. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional