Menu

Musnahkan Surat Suara Rusak, Wawako Lepas Pendistribusian Logistik

  Dibaca : 93 kali
Musnahkan Surat Suara Rusak, Wawako Lepas Pendistribusian Logistik
DILEPAS—Wawako Erwin Yunaz angkat bendera star bertanda melepas logistik ke wilayah Payakumbuh sekitar .

PAYAKUMBUH, MERTRO
Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz melepas pendistribusian logistik untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2020 serta pemusnahan surat suara berlebih dan surat suara rusak di gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Kelurahan Tiakar, Selasa (8/12).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh seluruh unsur Forkopimda, KPU Kota Payakumbuh berta jajaran, Bawaslu Kota Payakumbuh, Kepala Dinas Perhubungan Nofriwandi, Kakan Kesbangpol Buddy D. Permana serta Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) se-Kota Payakumbuh.

“Dengan telah disalurkannya seluruh logistik untuk Pilgub Sumbar dan telah dimusnahkannya surat suara berlebih dan rusak semoga pemilihan di Payakumbuh berjalan lancar dan aman tanpa adanya kecurangan,” kata Wawako Erwin Yunaz kepada media.

Seperti yang diketahui, selama pelaksanaan Pemilu Kota Payakumbuh selalu menjadi barometer karena dinilai sukses dalam penyelenggaraannya, Wawako Erwin Yunaz mengharapkan agar pada pelaksanaan pesta demokrasi sekarang semuanya berjalan dengan lancar seperti pelaksanaan-pelaksanaan sebelumnya di Payakumbuh. “Pelaksanaan di Kota Payakumbuh salah satu menjadi yang terbaik. Semoga ini tetap terjaga dan seluruh proses berjalan dengan lancar dan baik,” ujar Erwin.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Payakumbuh Haidi Mursal mengatakan terdapat 96.135 lembar surat suara yang didistribusikan ke lima kecamatan dengan menggunakan enam mobil. ”Pendistribusian bekerja sama dengan PT Pos Logistik Indonesia. Pihak pos juga bekerja sama dengan kepolisian untuk mengamankan pendistribusian,” kata Haidi usai pelepasan mobil logostik Pilgub Sumbar.

Ia menyatakan pendistribusian dibagi per-kecamatan dengan tetap mempertimbangkan jumlah kelurahan dan TPS. Khusus untuk Payakumbuh Barat pendistribusian menggunakan dua mobil karena jumlah kelurahan yang lebih banyak dari kecamatan lain. “Jumlah TPS di Payakumbuh sebanyak 246 dan yang paling banyak itu juga di Payakumbuh Barat, sehingga pendistribusian harus menggunakan dua mobil,” ujarnya.

Ia mengatakan surat suara tersebut akan diamankan atau dititipkan di kantor kelurahan dan akan dikirim ke kelurahan pada hari pemilihan, Rabu (9/12) pagi. Hal ini mengingat keamanan yang dapat dikatakan tidak baik di setiap TPS.

“TPS di Kota Payakumbuh juga dekat dengan setiap kantor lurah, sehingga masih bisa terkejar ketika hari pemilihan. Di Payakumbuh tidak ada TPS yang ada di Kota Payakumbuh yang memiliki medan yang sulit dijangkau,” kata dia.

Ia mengatakan logistik lainnya, mulai dari Alat Pelindung Diri, suplemen, alat kelengkapan pencoblosan sudah mulai didistribusikan pada Minggu (6/12) dan telah sampai di setiap kelurahan.

Waka Polres Payakumbuh Kompol Jerry Syahrim mengatakan pihak kepolisian siap mengamankan seluruh proses pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar. “Harapan kami agar seluruh wilayah pelaksanaan Pilkada tetap berjalan dengan tertib, aman dan lancar,” pungkasnya. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional