Close

Musim Panas, Warga Kota Padang Diimbau Kurangi Bakar Sampah

Budi Kurniawan Sekretaris Damkar Padang

RASUNA SAID, METRO–Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang, Budi Kur­nia­wan mengimbau warga kota agar mengu­ra­ngi membakar sampah. Karena cuaca yang kerap panas dan ja­rang hujan. Aktivitas me­ngu­rangi bakar bakar itu­ untuk meminimalisir ter­jadinya kebakaran dan ke­ru­gian materi atau bangu­nan.

 “Membakar sampah kering harus dihentikan dulu saat ini. Sebab, dapat merusak lingkungan dan jika apinya besar, sulit untuk padam dengan cepat. Petugas juga akan kesulitan,” ujar Budi Kurnia­wan,­ Minggu (17/7) kepada wartawan.

 Budi meminta semua pihak ikut berpartisipasi dalam hal ini. Supaya kenyamanan di daerah terealisasi serta angka kebakaran di Padang zero dapat terwujud. Tentunya harus didukung oleh peran serta semua pihak.

 Tidak hanya itu, lan­jutnya, warga yang biasa buang puntung rokok sembarangan atau ke rumput diminta juga tidak melakukannya. Karena, tindakan tersebut juga dapat me­micu timbulnya api. Apalagi lokasi rumput luas dan kering.

 Untuk kaum ibu di ­rumah, sambungnya, diimbau agar selalu memeriksa kompor usai memasak ketika akan meninggalkan dapur atau bepergian ke luar rumah. Jangan sampai terlupa memadamkannya. Yang rugi nanti para IRT ­(ibu rumah tangga) juga.

 “Kita berharap ling­kungan masyarakat aman, nyaman saja serta dihindari dari segala musibah,” paparnya.

 Ia bersama personel Damkar lainnya, siap terjun ke lapangan membantu memadamkan api jika menerima informasi dari warga. Hal itu guna mengurangi kerugian besar dan mewujudkan keamanan lingkungan. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top