Menu

Musim Hujan, Sungai Meluap ke Pemukiman, Pemkab Pessel Normalisasi Batang Tapan

  Dibaca : 151 kali
Musim Hujan, Sungai Meluap ke Pemukiman, Pemkab Pessel Normalisasi Batang Tapan
Ilustrasi Musim Hujan

PESSEL, METRO – Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Pessel melakukan normalisasi Batang Tapan, Nagari Binjai Tapan, Kecamatan Tapan pada 2019 ini. Normalisasi ini dilakukan dengan menggunakan dana tanggap darurat (TDR) Pessel serta dana tanggap darurat Sumatera Barat dengan total Rp700 juta.

Kepala Dinas PSDA Pessel, Doni Guzrizal mengatakan, Batang Tapan saat ini kondisinya memang segera dilakukan normalisasi. Sebab, setiap musim penghujan tiba sungai Batang Tapan ini selalu meluap hingga ke pemukiman warga.

Doni mengatakan, normalisasi Batang Tapan nantinya akan dipasang beronjong sungai. Diharapkan dengan pemasangan beronjong ini bisa meminimalisir luapan Batang Tapan.

“Saat ini kita sudah siapkan beronjong tersebut dan nantinya kita akan pasang di lokasi Batang Tapan, tukasnya.

Sementara itu, Sekretaris Nagari Binjai Tapan, Almirizon mengatakan bahwa kondisi Batang Tapan di wilayahnya memang perlu dilakukan normalisasi secepatnya. Sebab puluhah kepala rumah tangga bertempat tinggal di sepanjang aliran Batang Tapan.

“Banjir sering terjadi dan merendam puluhan rumah, hal itu disebabkan luapan Batang Tapan. Jadi, diharapkan bisa segera dipasang beronjong, apalagi musim penghujan sudah mulai turun,” kata Almirizon. (rio)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional