Close

Museum Perang Sintuk, Generasi Muda Tidak Akan Lupakan Sejarah

PEMBUKAAN—Bupati Padanpariaman Suhatri Bur usai membuka secara resmi Pekan Kreativitas Museum, Penampilan Randai Perjuangan Rakyat Sintuk tahun 1947-1949.

PDG.PARIAMAN, METRO–Bupati Padanpariaman Suhatri Bur kemarin,  membuka secara resmi Pekan Kreativitas Museum, Penampilan Randai Perjua­ngan Rakyat Sintuk tahun 1947-1949. “Kita sangat mendukung kegiatan ini, karena dapat membangkit semngat pejuang tahun kemerdekaan terhadulu yang dilaksanakan di Jl. Simpang Tigo Sintuak-Pakandangan  atau Lapangan Museum Perang Sintuk,” kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin, usai acara.

Suhatri Bur mengatakan, acara ini pada hakikatnya merupakan wujud pelestarian budaya, merawat, serta mempertahankan kearifan lokal. Sebab budaya merupakan aset penting sebagai marwah negeri ini. “Dengan demikian generasi generasi bansga khusus di Kecamatan Sintuk Toboh Gadang ini akan selalu mengingat zaman zaman penjajahan Belanda dan Jepang,” ung­kapnya.

Katanya, peranan yang terpenting dari museum sesungguhnya adalah men­jadi sumber pe­ngetahuan sehingga a­mat berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai tempat pendidikan. “Sehingga sarana ini dapat menjadi bahan pelajaran bagi adik adik yang masih se­kolah. Mereka dapat melihat secara langsung ba­gai­mana museum ini dan mereka akan mengerti tentang perang Sintuk dahulunya. Dengan ge­nerasi kita tidak akan lupa dengan sejarah bangsa ini,” ujarnya.

Turut hadir anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Siti Izzati Aziz, Kadis Pendidikan dan Kebuda­yaan Anwar, Kadis Perhubungan Sutan Rifki Monrizal, Kabag Hukum Riki R Zakaria, Kabag Perekonomian Mulyadi, Camat Sintoga dan Walinagari Sintuk. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top