Menu

Muscab Srikandi PP Payakumbuh, Didikan Pancasila pada Generasi Muda

  Dibaca : 817 kali
Muscab Srikandi PP Payakumbuh, Didikan Pancasila pada Generasi Muda
HADIRI— Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz foto bersama saat menghadiri Muscab Srikadi PP Payakumbuh.

SUKARNOHATTA, METRO
Wakil Wali Kota Erwin Yunaz hadir dalam pembukaan Musyawarah Cabang (Muscab) 1 Srikandi Pemuda Pancasila (PP) Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Rapat Paripurna DPRD Kota Payakumbuh, Minggu (7/2).

Dalam Muscab yang bertema “Mewujudkan Srikandi Mandiri, Kreatif, dan Tangguh” itu, turut hadir Ketua DPW Srikandi PP Sumbar Rezka Oktoberia, Sekda Rida Ananda, Kakankesbangpol Budhy Dharma Permana, Ketua GOW Machdalena Erwin Yunaz, Ketua DPC dan Srikandi kota/kabupaten se Sumatera Barat, Ketua Caretaker MPC PP Payakumbuh Roby Hadi Putra, Calon Ketua Denifinitif DPC Srikandi PP Payakumbuh Wulan Denura serta seluruh Ketua dan Srikandi PAC PP se Payakumbuh.

Ketua Panitia Beti Novialni menyampaikan pelaksanaan Muscab 1 adalah yang pertama kali dilakukan di Payakumbuh, dimana sebelumnya lembaga srikandi di SK kan oleh MPC.

“Sekarang srikandi menjadi sendi Otonom di PP, yang mengharuskan melakukan musyawarah di tiap tingkatan, dan akan menjadi DPC serta DPW Srikandi PP Payakumbuh. Dalam sidangnya dihadiri DPW dan PAC,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz menyampaikan apapun warna baju seseorang, Pancasila selalu di dada. Semangat itu dikobarkan bersama-sama, bagaimana semua warga negara bisa memahami Pancasila secara utuh.

“Kondisi kita saat ini, anak-anak kurang ilmunya karena pelajaran Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) sudah tidak ada lagi, wawasan kenegaraan tak ada dalam silabus pendidikan,” ungkapnya.

Untuk itu, kata Wawako, melalui Srikandi buatlah program yang memberi wawasan baik tentang Pancasila. Semuanya harus ada berproses, artinya siap mengatakan pancasila murni dari diri sendiri, tak hanya sekedar menghafal 5 sila saja.

“Orang Sumbar itu pancasilais sejati, paham negara, cinta pada negara dan cinta pada selruuh keluraga dan masyarakat. Jadikanlah PP ini tidak hanya seremonial dalam kelompok, artinya kembalikan kepada generasi muda kita pemahaman tentang Pancasila ini,” ungkapnya.

Wawako menyarankan agar PP dapat menghadirkan program yang mencerdaskan generasi tentang Pancasila itu, sampai kembali program P4 ke sekolah.

“Mudah-mudahan pemudanya kuat membela negeri ini, banyak contoh dari negara-negara maju, mereka bersatu melawan ancaman-ancaman bagi negara mereka. Selamat atas srikandi yang sudah berjuang, mari lahirkan generasi Pancasilais sejati di Payakumbuh,” harap Erwin.

Di sisi Ketua DPW Srikandi PP Sumbar Rezka Oktoberia yang membuka secara resmi Muscab 1 Srikandi PP Kota Payakumbuh berharap agar PP terus dapat mewadahi semua warna, agar tidak ada perbedaan tujuan di dalamnya karena semua kalangan ada disana.

“Begitu masuk PP, maka isinya harus merah putih, Pancasila sebagai ideologi kita,” kata Rezka.

Rezka yang juga anggota DPR-RI dari Fraksi Demokrat itu berpesan agar dalam berorganiasi, utamakan musyawarah mufakat, apabila sudah sepakat, maka musyawarah bisa dilakukan dengan baik.

“Organisasi ini besar, mari kita bersama menjaga nama baik PP. Bahkan, 2 orang pejabat tinggi di negara ini seperti Ketua MPR RI Bambang Susatyo dan Ketua DPD RI Lanyala Matiliti adalah anggota PP juga. PP bukan organisasi yang bisa dipandang sebelah mata, karena PP ada di seluruh jantung negeri di Indonesia,” ujarnya. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional