Close

Muncul Adu Polling dan Dukungan Jelang Muktamar, UAS Masuk Bursa Caketum PBNU

Wakil Ketua Forum Ahmad Muqowwam .

JAKARTA, METRO–Aksi dukung-mendukung menjelang Muktamar Ke-34 NU mulai bermunculan. Kemarin (3/11) sejumlah pengurus dan kader NU mendeklarasikan dukungan terhadap Ketua Tanfidziyah PBNU KH Said Aqil Siroj (SAS). Dia didukung untuk mencalonkan diri lagi pada muktamar yang digelar pada 2325 Desember 2021 di Lampung.

Dukungan tersebut disampaikan kelompok yang menamakan dirinya Forum Silaturrahim Pendukung Kiai Said Aqil Siroj. Dalam pernyataannya, Wakil Ketua Forum Ahmad Muqowwam mengungkapkan bahwa PBNU masih membutuhkan dan menginginkan Said sebagai pemegang estafet kepemimpinan menyongsong satu abad NU pada 2026.

“Bagi kami, satu dekade kepemimpinan Kiai Said Aqil Siroj dengan segenap ujian dan tantangannya telah ditunaikan dengan luar biasa cemerlang. Langkah, sikap, dan kebijakan-kebijakan strategis NU di bawah kepemimpinan beliau sudah on the best track,” jelas Muqowwam.

Menurut politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu, kepemimpinan SAS di periode emas NU ke depan sangat menentukan. “Sebab, di fase dan momentum inilah, agenda-agenda strategis internal dan eksternal, nasional dan internasional dituntaskan,” jelasnya.

Dalam beberapa bulan terakhir, bursa ketua umum PBNU memang semakin hangat. Selain SAS, muncul nama Katib Am dan mantan Wantimpres Yah­ya Cholil Staquf. Bahkan, Marsudi Syuhud juga sempat digadang-gadang masuk bursa caketum.

Dua tokoh dari Jawa Timur, yakni Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar dan Ketua MUI Jatim yang juga mantan Ketua PWNU Jatim KH Hasan Mutawakkil Alallah, juga masuk dalam bursa caketum. Keduanya bahkan menempati posisi tertinggi di survei yang dihelat Indostrategic.

Laman Pollingkita bahkan menempatkan KH Moh­ Azaim Ibrahimy, pengasuh Ponpes Salafiyah Syafiiyah Sukorejo, Situbondo, sebagai kandidat teratas dengan perolehan 34,6 persen, disusul KH Bahauddin Nursalim dengan 11,1 persen. Muncul pula nama Habib Luthfi bin Yah­ya dari Pekalongan, Ustad Abdul Somad (UAS), dan Gus Reza.

Lain lagi laman Pollingmuktamar. Hingga tadi malam, hasil polling menempatkan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di urutan teratas (19,30 persen), disusul KH Reza Ahmad Zahid alias Gus Reza dari Lirboyo, Kediri, (11,75 persen).(jpg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top