Close

Mulyadi Muslim Bicara Cawawako Padang, Tak Penting Siapa Terpilih, tapi Prosesnya Jalan

Mulyadi Muslim.

THAMRIN, METRO–Proses pemilihan calon Wakil Wali Kota Padang peng­ganti Hendri Septa yang telah naik menjadi Wali Kota Pa­dang terlihat masih belum ada titik terang. Sampai hari ini, proses itu seperti meng­gan­tung, atau belum juga dimulai. Meski dua partai pengusung, PAN dan PKS sudah me­nga­pungkan masing-ma­sing duan ama.

Salah satu bakal calon yang diusulkan PKS, H Mul­yadi Muslim Lc MA me­nyebutkan, sampai hari ini memang masih berkutat di partai pengusung saja. Proses pemilihan yang seharusnya berlangsung di DPRD Padang sesuai atu­ran, belum akan terjadi dalam waktu dekat.

“Semua kita tahu pro­sesnya, Wali Kota menga­jukan nama ke DPRD Pa­dang untuk diputuskan. Bisa keduanya dari PKS, atau keduanya dari PAN, baik itu kader, simpatisan atau tokoh masyarakat, atau yang lainnya. Bisa juga dari PAN dan PKS masing-ma­sing satu orang. Tapi harus dua orang,” kata Mulyadi Muslim yang juga Sekre­taris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang.

Tentunya, sebut Mul­yadi, dua nama yang di­usul­kan itu telah disepakati oleh DPD PKS Padang dan DPD PAN Padang dengan persetujuan DPP partai masing-masing di pusat. “Selanjutnya,  Wali Kota Padang mengirimkan ke DPRD Padang. DPRD lah yang memilih,” kata Mul­yadi Muslim.

Selain itu, katanya, un­tuk mempercepat proses­nya, anggota DPRD bisa saja meminta Wali Kota me­ngirimkan nama se­gera. Karena kalau lama-lama, akan merugikan war­ga Kota Padang yang ber­jumlah satu juta jiwa. Ka­rena, sam­pai hari ini belum ada juga surat dikirim oleh Wako.

“Kita tahu, Wali Kota bisa saja orang hebat, tapi bukan Superman. Dia bu­tuh tandem atau tim untuk bekerja. Butuh du­kungan dan kolaborasi. Ka­rena banyak yang harus diker­jakan segera. Seperti pe­nanganan Covid-19 dan pem­bangunan yang ter­sendat karena pandemi. Sampai pengisian OPD yang sekarang banyak ko­song,” kata ketua pengurus Masjid Agung Nurul Iman Padan gini.

Kata Mulyadi, dia bicara seperti ini bukan karena masuk dalam kandidat Ca­wa­wako, tapi tak lebih se­bagai kepedulian kepada Kota Padang. “Apalagi dili­hat Progul (program ung­gulan) Mahyeldi-Hendri Septa yang banyak belum selesai, waktu tinggal 2,5 tahun. Soal siapa yang akan terpilih itu urusan lain. Yang penting prosesnya berjalan,” kata Mulyadi Muslim. (r)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top