Close

Mulai 2022, Vaksin Sinovac Diprioritaskan untuk Anak 6-11 Tahun

Siti Nadia Tarmizi Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes

JAKARTA, METRO–Kementerian Kesehatan memprioritaskan penggunaan vaksin Covid-19 jenis Sinovac hanya untuk kelompok anak berusia 6 hingga 11 tahun mulai Januari 2022. “Kami mendorong vaksin Sinovac ditujukan untuk anak usia 6-11 tahun, jadi kami prioritas pada anak,” kata Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes Siti Nadia Tar­mizi di Jakarta, Senin (13/12).

Nadia mengatakan saat ini hanya Sinovac yang telah mengantongi izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk vaksinasi Covid-19 usia 6-11 tahun.

Sementara itu, Plt Dir­jen Pencegahan dan Pengendalian Pe­nya­kit Ke­men­kes RI Ma­xi Rein Ron­­do­nuwu me­­­nga­­takan vak­­sin selain Si­­novac akan di­­prioritaskan un­tuk sasaran se­lain usia 6 sam­pai 11 ta­hun.

 “Mulai ta­hun depan, Sinovac hanya untuk usia 6-11 tahun. Vaksin lainnya yang tersedia di Indonesia diprioritaskan untuk sasaran lain,” kata Maxi saat menyampaikan keterangan pers secara virtual, Ming­gu (12/12).

Maxi mengatakan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 ta­hun akan dimulai Selasa (14/12) dengan jum­lah sasaran vak­sinasi mencapai 26 juta le­bih anak berdasarkan data sensus penduduk 2020. “Akan kami lakukan vaksinasi semua anak usia 6 sampai 11 ta­hun yang totalnya berda­sarkan data itu ada 26,8 juta,” katanya.

Pelaksanaan vaksinasi untuk anak, kata Maxi, sesuai dengan Instruksi Presiden untuk segera melaksanakan vaksinasi pada anak 6 sampai 11 tahun. Selain itu, Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) juga telah mengeluarkan rekomendasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun.

 “Ini dilakukan betul-betul karena kami ingin mempercepat vaksinasi semua penduduk di Indonesia dan juga mencegah penularan Covid-19,” ujarnya. (jpg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top