Close

MTQN ke 4 Tingkat Kecamatan Lintau Buo Utara, Bupati: Jadikan Al Quran Tuntunan Hidup Sehari-hari

Bupati Tanah Datar Eka Putra, membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-4 Tingkat Kecamatan Lintau Buo Utara, Sabtu (11/12) di Lapangan Sembayan Nagari Tanjung Bonai.

TANAHDATAR, METRO–Bupati Tanah Datar Eka Putra, membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-4 Tingkat Kecamatan Lintau Buo Utara, Sabtu (11/12) di Lapangan Sembayan Nagari Tanjung Bonai.

Hadir dalam acara pembukaan, Anggota DPRD Sum­bar, Jefri Masrul, Anggota DPRD Tanah Datar, Arianto dan Istiqlal, Kakan Kemenag diwakili kasi Binmas Ali Nardius, Ketua LP­TQ, Ketua MUI Tanah Datar, Camat Arif Gani beserta Forkopinca Lintau Buo Utara.

Ketua Pelaksana Irwan Darwis, menjelaskan  MTQ Nasional IV tingkat kecamatan Lintau Buo Utara akan dilaksanakan selama 2 hari mulai hari ini sampai besok. Pada MTQ kali ini akan diikuti oleh 530 orang kafilah dari 5 nagari se kecamatan Lintau Buo Utara, dengan 9 cabang lomba.

“MTQ akan berlangsung selama 2 hari dari tanggal 11-12 Desember 2021, masing-masing lomba akan dilaksanakan di 16 Masjid, Mushala dan sekolah yang ada di Tanjung Bonai,,” ungkap Irwan Darwis.

Sementara Bupati Tanah Datar Eka Putra, dalam sam­butannya mengatakan MTQ yang penyelenggaraannya dimulai dari tingkat Nasio­nal sampai kecamatan ini diharapkan pelaksanaannya benar-benar menjadi tuntunan dalam kehidupan bagi masyarakat.

“Jangan  MTQ ini hanya sebagai bahan perlombaan, ajang kompetisi semata, tetapi bagaimana MTQ ini mampu mendorong kita semua menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman dan tuntunan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari,” ujar Bupati.

Bupati juga mengharapkan agar Dewan Juri benar-benar bisa melaksanakan kewajibannya sebagai penilai yang seadil- adilnya, bertindak jujur dan fair se­hingga MTQ ini akan benar-benar melahirkan pembaca Al-Quran terbaik.

Sementara kepada para kafilah juga diharapkan mam­pu manfaatkan ajang ini sebaik mungkin, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan yang diharapkan.

Pada kesempatan itu Bupati menyampaikan hasil Kafilah MTQ  Kabupaten Tanah Datar pada MTQ Nasional ke-39 Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Padang Panjang bulan November yang lalu, dengan segala upaya yang maksimal tahun ini Tanah Datar menduduki peringkat kedua setelah Kota Padang.

“Yang sangat membanggakan bagi saya, kafilah kabupaten Tanah Datar pa­da MTQ Nasional ke-39 ting­kat Provinsi Sumatera Barat kemarin semuanya murni putra dan putri terbaik dari Tanah Datar,” ungkap Bupati.

Selanjutnya Bupati Eka juga berharap dengan tekad yang kuat serta dukungan seluruh masyarakat, pada gelaran MTQ Nasional ke-40 di kabupaten Solok Selatan tahun 2023 mendatang Ta­nah Datar dapat kembali meraih juara umum.

Selain itu, Bupati juga sampaikan bahwa gelaran MTQ ini juga selaras dengan program unggulan pemerintah daerah, yakni program satu rumah, satu hafidz/hafidzah dengan harapan 20 tahun kedepan ada sekitar 50% masyarakat kabupaten yang hafal Al Quran. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top