Menu

MTQ XXVIII Tingkat Nasional, Semua Venue sudah Siap 100 Persen

  Dibaca : 128 kali
MTQ XXVIII Tingkat Nasional, Semua Venue sudah Siap 100 Persen
LEPAS KAFILAH— Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno bersama Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Hendri melepas kafilah Sumbar yang akan berlaga di MTQ XXVIII Tingkat Nasional, Senin (9/11) di Padang.

SUDIRMAN, METRO
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno memastikan seluruh venue di Kota Padang yang akan digunakan untuk perlombaan MTQ XXVIII Tingkat Nasional sudah siap 100 persen. Sebagai tuan rumah, dari hari ke hari persiapannya sudah baik secara fisik.

“Venue tempat perlombaan sudah siap 100 persen. Ada 12 venue yang disiapkan. Termasuk juga persiapan untuk acara penutupan, juga sedang disiapkan panggungnya,” ungkap Irwan Prayitno usai melepas secara resmi kafilah Sumbar yang akan berlaga di MTQ XXIII Tingkat Nasional, Senin (9/11) di Padang.

Termasuk juga persiapan untuk pembukaan MTQ XXVIII Tingkat Nasional di Main Stadium Kabupaten Padangpariaman. Berdasarkan peninjauan terakhir, lokasi pembukaan sudah siap 97 persen. Tinggal tiga persen lagi yang disiapkan, yakni untuk pengerjaan jalan dan pekarangan bagian depan main stadium.

Dari segi persiapan acara pembukaan, menurut Irwan Prayitno juga sudah jalan. Di mana pembukaan dan penutupan nanti menghadirkan kreasi seni dan budaya. Irwan Prayitno juga memastikan tanggal 12 November 2020 peserta dari berbagai provinsi nanti sudah mulai datang. Mereka yang datang akan mengikuti protokol kesehatan Covid-19 dengan ketat.

Ia mengungkapkan, pembukaan MTQ XXVII Tingkat Nasional, akan dibuka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) secara virtual pada 14 November 2020 nanti. Sementara, secara fisik, pembukaan dihadiri langsung oleh Menteri Agama RI, Fachrul Razi.

Sementara, Kepala Biro Bina Mental Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Sumbar, Syaifullah mengungkapkan, 12 venue yang dipersiapkan untuk perlombaan MTQ Nasional nanti, yakni, Masjid Raya Sumbar, Masjid Nurul Iman, Masjid Al Hakim, Kampus UNP sebanyak tiga venue. Kemudian, Masjid Baiturahmah, Kampus UIN sebanyak dua venue dan Gedung Rohanna Kudus.

Syaifullah memastikan, jumlah peserta khafilah yang akan datang ke Sumbar pada MTQ Nasional tahun ini sebanyak 1.476 peserta dari 32 provinsi. Karena ada dua provinsi yang membatalkan mengirimkan kafilahnya, yakni Provinsi NTT dan DI Yogyakarta.

Syaifullah juga mengungkapkan peserta dari berbagai daerah di Indonesia ini mulai datang ke Kota Padang pada 11 dan 12 November nanti. Karena itu, seluruh penginapan sudah disiapkan sebaik-baiknya untuk menyambut seluruh peserta MTQ Nasional nanti.

Termasuk juga terkait antisipasi penyebaran Covid-19. Syafullah mengatakan, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno telah mengirimkan surat kepada seluruh daerah, agar seluruh peserta sudah melakukan pemeriksaan kesehatan dengan hasil negatif, dua hari sebelum datang ke Sumbar.

“Pemeriksaan kesehatan dilaksanakan secara ketat. Peserta yang datang ke Sumbar hasil pemeriksaan kesehatannya harus negatif dan sudah diketahui dua hari sebelum keberangkatan ke Sumbar. Gubernur sudah surati. Termasuk juga kita melakukan test swab ulang saat kedatangan di Bandara Internasional Minangkabau (BIM),” ungkapnya. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional