Menu

MTQ Nasional XXVIII Membawa Berkah

  Dibaca : 120 kali
MTQ Nasional XXVIII Membawa Berkah
POT BUNGA— Kelompok Kerja Kampung KB Bangau Putih di Kelurahan Parupuak Tabing berhasil membuat sabut kelapa menjadi pot bunga.

TABING, METRO
Pandemi Covid-19 yang terjadi selama ini berdampak banyak pelaku usaha yang mengalami kesulitan dalam menjalankan usahanya. Tidak hanya perusahaan besar, UMKM pun terdampak dari pandemi Covid-19 ini.

Bagi yang jeli melihat peluang, tentu usahanya tidak terpengaruh dampak dari virus ini. Seperti usaha yang dikembangkan oleh Kelompok Kerja Kampung KB Bangau Putih di Kelurahan Parupuak Tabing.

Usaha home industri ini telah mencuri perhatian dikala trend menanam bunga hias tumbuh menjamur di saat pandemi Covid-19 ini. Dengan bermodalkan tanaman kelapa, hampir semua bagian dari tumbuhan ini bisa dimanfaatkan.

Mulai dari akar, batang, daun, hingga buah kelapa. Kebanyakan bagian sabuk digunakan untuk membuat sapu, atau dijadikan bahan bakar untuk memasak. Tetapi ditangan dingin kelompok kerja Kampung KB Bangau Putih yang dipimpin oleh Amaniarti, sabut kelapa yang biasa untuk membuat sapu, disulap menjadi pot bunga dari sabut kelapa.

Saat dikunjungi awak media, Jumat (13/11), Amaniarti menjelaskan, usaha pembuatan pot bunga dari sabuk kelapa ini berawal dari pelatihan yang diberikan oleh PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Internasional Minangkabau (BIM), tentang pelatihan membuat kaligrafi dari sabuk kelapa.

“Ide pemanfatan sabuk kelapa berasal dari pelatihan pembuatan kaligrafi yang diberikan oleh PT Angkasa Pura II. Melalui tayangan di Youtube, selain kaligrafi saya mengembangkan dengan memanfaatkan sabuk kelapa untuk dijadikan pot bunga,” ucapnya.

Gaung bersambut, dengan memanfaatkan 10 orang tenaga kerja, usaha pembuatan pot bunga dari sabuk kelapa ini mendapat respon positif dari masyarakat yang saat ini sedang trend memelihara bunga hias.

“Alhamdullilah, pot bunga dari sabuk kelapa mendapat tempat di masyarakat. Dalam sebulan, bisa menghasilkan Rp3-4 juta, dengan harga Rp12 ribu untuk sebuah pot bunga. Penjualan pot bunga dari sabuk kelapa ini telah dipasarkan hingga Solok dan Dhamasraya,” tambahnya.

Pada saat ajang Ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXVIII tingkat Nasional tahun 2020 yang dilangsungkan di Provinsi Sumatera Barat, pot bunga dari sabuk kelapa produksi kelompok kerja Kampung KB Bangau Putih dipasarkan juga digerai UMKM yang disediakan oleh PT Angkasa Pura III Cabang BIM, sebagai buah tangan bagi peserta MTQ.

“Untuk membeli kalifrafi dan pot bunga dara sabuk kelapa dapat dihubungi melalui ponsel 0813 7453 0616,” ujarnya. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional