Close

MTQ Nasional ke-XI Kabupaten Dharmasraya Berjalan Sukses, Kecamatan Pulau Punjung Juara Umum, Sutan Riska Canangkan Tiada Hari Tanpa Bacaan Al-Quran

PIALA BERGILIR— Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan saat menyerahkan piala bergilir MTQ Nasional Kabupaten Dharmasraya ke XI kepada Ketua MTQ Camat Padang Laweh Berlian.

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-XI tingkat Kabupaten Dharmasraya di Kecamatan Padang Laweh ya g berlangsung sejak Kamis-Sabtu  (17-19/11) secara resmi ditutup Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, di Lapangan Se­pakbola SP 5, Nagari Sopan Jaya, Sabtu siang (19/11).

Gelaran yang telah ber­­langsung sejak Kamis (17/11) itu menuai sukses, ditandai dengan tingginya antusiasme masyarakat Dharmasraya untuk menyaksikan semua penam­pilan kafilah yang berlangsung di 14 venue itu yang terdiri dari 58 kategori dari 10 cabang lomba berlangsung aman tertib dan lancar.

Hadirnya ribuan orang dari 11 Kecamatan se Dharmasraya yang datang berbondong-bondong untuk menyaksikan upacara pem­bukaan untuk melepas kafilahnya bertanding mem­perebutkan posisi terbaik. Tak hanya itu, saat hari penutupan juga terjadi lonjakan signifikan masyara­kat yang hadir. Akibatnya, ekonomi masyarakat setempat turut bergerak, terutama di sektor UMKM. Transaksi jual beli pedagang makanan meningkat ditaksir mencapai milliaran rupiah dan ikut merasakan berkah helat dua tahunan ini.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumbar,  diwakili Kabid, Zakat, Infaq, dan Wakaf, Yusrizal, Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, Par­yanto, Dandim 0310/SSD, Letkol Endik Hendra Sandi, Kapolres Dharmasraya, AKBP Nur­hadiansyah, beserta unsur Forkopimda lainnya secara bersama menabuh bedug sebagai tanda helat MTQ XI Dharmasraya secara resmi dibuka.

Sutan Riska manyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada panitia pelaksana dan semua pihak serta ma­syarakat Padang Laweh atas kontribusinya sehingga MTQ Nasional ke-XI tingkat Kabupaten Dharmasraya.

Ketua Umum Apkasi itu berharap gelaran MTQ tahun ini dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan umat islam, serta  menjadikan alqur’an sebagai bacaan sekaligus petunjuk jalan dan pedoman hidup. Dengan membaca dan menghayati Al Quran secara tidak langsung sudah menjadi bagian dari ibadah dan amal kebaikan dalam kehidupan.

“Untuk itu saya mengajak masyarakat untuk mencanangkan gerakan “Tiada Hari Tanpa bacaan Al-qur’an”. Mari bersama bulatkan tekad untuk selalu membaca Al-Qur’an,” pinta bupati dua periode itu.

Menurut Sutan Riska, momentum MTQ dapat dijadikan sebagai tonggak dalam rangka membina qori dan qori’ah, hafizh dan hafizhah untuk lebih berkualitas dan mampu bersaing pada MTQ baik tingkat provinsi maupun nasional.

“Kepada pengurus LPTQ juga saya minta untuk segera menyusun program strategis dan terencana dalam pembinaan qori dan qori’ah ke de­pan,” ujarnya.

Raja Koto Besar ini menegaskan Kabupaten Dharmasraya akan tetap memaksimalkan pengembangan dan memajukan pembinaan di Bidang Agama dengan menjadikan Masjid Agung Dharmasraya sebagai pusat kegiatan peng­kajian dan pengamalan ajaran Islam.

“Kita berharap ajaran Islam menjadi sumber nilai dan motivasi menuju kehidupan masyarakat yang adil dan makmur,” tukasnya.

Sutan Riska menyebutkan komitmen pemerintah dalam mewujudkan berbagai hal da­lam bidang agama juga tujukan melalui program pemberian insentif kepada guru TPQ/TPSQ, imam masjid, dan pondok pesantren. Begitu juga pemenang MTQ akan diberikan apresiasi, penghargaan, dan uang pembinaan.

Ditambahkannya, MTQ me­rupakan agenda rutin yang digelar setiap dua kali dalam setahun yang mana pelaksa­naan seharusnya dilakukan pa­da tahun 2020, namun karena wabah COVID-19 tertuda dan dapat dilaksanakan kembali tahun ini.  Meski demikian bupati mengimbau masyarakat harus tetap waspada dengan tetap menerapkan protokol kesehatan mengingat COVID-19 belum berakhir.

“Dan saya juga berterimakasih kepada peserta yang tergabung dalam kafilah MTQ 11 kecamatan. Para pemenang insyaallah akan mewakili Dharmasraya untuk MTQ tingkat Provinsi tahun 2023 yang berlangsung di Kabupaten Solok Selatan,” tutupnya.

Kafilah Pulau Punjung Juara Umum

Kafilah Kecamatan Koto Baru sebagai Juara Umum tak mampu mempertahankan tropi bergilir usai direbut Kafilah Kecamatan Pulau Punjung yang keluar sebagai juara umum MTQ ke 11 ini.

Disusul Kecamatan Koto Salak di posisi kedua, Kecamatan Sitiung di posisi ketiga, kemudian tuan rumah Kecamatan Padang Laweh di posisi ke empat dan Kecamatan Koto Baru hanya mampu berada di posisi ke lima.

Dalam amanat tertulis Bupati Sutan Riska, yang dibacakan Sekda Adlisman, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah berkontribusi atas terselenggaranya MTQ di Kecamatan Padang Laweh dengan tertib aman dan lancar.

Menurutnya, kegiatan MTQ yang telah dilaksanakan merupakan wadah dalam memacu pengembangan tilawah, hafalan serta pendalaman terha­dap nilai-nilai yang terkandung dalam Al-qur’an.

Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) itu berharap setelah terselenggaranya MTQ ke-XI kali ini dapat jadikan penambahan wawasan bagi peserta dan masya­rakat untuk penghayatan dan cinta terhadap ayat suci Al-qur’an.

Katanya, diperlukan perhatian penuh serta keterlibatan secara sungguh-sungguh dari lapisan ma­syarakat agar ke de­pan pelaksanaan MTQ dapat memberi pengaruh yang signifikan untuk per­kem­bangan hidup ma­syarakat.

“Kepada seluruh peserta dari berbagai cabang yang meraih juara, saya mengucapkan selamat, dan mudah-mudahan pres­tasi yang diraih dapat dipertahankan. Saya minta seluruh pihak mulai melakukan persiapan untuk MTQ Provinsi tahun 2023 agar kita dapat mengukir prestasi terbaik nantinya,” beber bupati dua periode itu.

Seterusnya, atas sukses penyelenggaraan MTQ ini, Sekda juga menyampaikan pujian kepada Camat, Walinagari, Ninik Mamak, Alim Ulama, Cerdik Pandai, Bundo Kanduang, Pemuda dan seluruh masyarakat Padang Laweh.

Menurut Sekda, sukses penyelenggaraan MTQ di Padang Laweh harus dapat menjadi acuan pada penyelenggaraan MTQ berikutnya.

“Sesuai dengan arahan pak Bupati, bahwa penyelenggaraan MTQ berikutnya di Kecamatan Sungai Rumbai harus lebih sukses daripada di Pa­dang Laweh. Maka kami harapkan agar dipersiapkan dengan lebih baik lagi”, pungkas Sekda. (gus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top