Menu

MTQ ke-XXVIII Nasional, Pendaftaran Ulang Peserta Dimulai Kamis Malam

  Dibaca : 101 kali
MTQ ke-XXVIII Nasional, Pendaftaran Ulang Peserta Dimulai Kamis Malam
PENDAFTARAN—Lokasi pendaftaran ulang peserta MTQ ke-XVIII tingkat Nasional di UPT Asrama Haji Kota Padang.

PADANG, METRO
Pendaftaran ulang kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXVIII tingkat Nasional tahun 2020, yang seharusnya dimulai Kamis pagi (12/11) ditunda malam hari di UPT Asrama Haji Padang.

Kafilah asal Provinsi Sumbar menjadi yang pertama mendaftarkan ulang 54 pesertanya, untuk mengikuti delapan cabang lomba di event MTQ Nasional ini. Rencananya, MTQ ke-XXVIII tingkat Nasional ini dibuka secara resmi, Sabtu (14/11) oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara virtual.

Pendaftaran ulang kafilah MTQ Nasional dilakukan mulai Kamis malam pukul 20.00 WIB. Kemungkinan akan berlangsung hingga tengah malam, karena beberapa kafilah provinsi lain juga sudah sampai di Provinsi Sumbar.

“Pendaftaran kemudian akan dilanjutkan Jumat (13/11) pagi hingga selesai,” sebut Ketua Kafilah Sumbar, Syaifullah, saat ditemui di Sekretariat MTQ Sumbar di Masjid Raya Sumbar, kemarin.

Ia mengatakan, hampir seluruh kafilah peserta MTQ ke-XXVIII tingkat Nasional telah berdatangan di Ranah Minang. Setelah sehari sebelumnya kafilah dari empat provinsi, maka Kamis ini sebanyak 21 kafilah lainnya juga akan mendarat di Sumbar, dan ada tiga provinsi yang kedatangan kafilahnya tidak bersamaan.

“Tiga provinsi lainnya juga telah menyampaikan kedatangan untuk Jumat (13/11) atau bersamaan dengan hari terakhir pendaftaran ulang kafilah dilakukan,” jelas Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Setdaprov Sumbar tersebut.

Ia menyampaikan, sebagai tuan rumah pada MTQ Nasional XXVIII tahun 2020, Pemprov Sumbar tidak hanya melakukan kesiapan untuk mensuksesan pelaksanaan kegiatan MTQ. Namun juga ingin mendapatkan hasil maksimal dan prestasi terbaik, terutama bisa masuk dalam lima besar tingkat nasional.

“Untuk itu peserta pelatihan masih terus dioptimalkan untuk memantapkan kesiapannya untuk mengikuti perlombaan nantinya. Diharapkan 54 qori dan qoriah Sumbar di MTQ ini dapat memberikan penampilan yang terbaik di masing-masing cabang, sehingga dapat membuahkan hasil yang gemilang untuk membanggakan Sumbar,” terangnya.

Terkait persiapan jelang dimulainya pembukan MTQ Nasional XXVIII nantinya, Saifullah menyebutkan persiapan sudah 100 persen untuk 12 venue yang akan menjadi tempat pelaksanaan delapan cabang lomba di MTQ. Saat ini hanya tinggal mengusunan furniture, IT dan kelengkapan penunjang lainnya di beberapa venue.

“Untuk lokasi pembukaan MTQ di Main Stadion Sikabu Padangpariaman, besok (Jumat-red) diperkirakan semuanya sudah selesai, termasuk juga tempat dilaksanakan beberapa atraksi nantinya. Pembukaan MTQ Nasional akan dimulai pada pukul 19.30 WIB dihadiri Menteri Menteri Agama (Menag) Fahcrul Razi, dan dibuka secara virtual Presiden RI Joko Widodo,” pungkasnya.(fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional