Close

Motoran dengan Nyaman, Hayati Bagikan Tips Postur Berkendara yang Benar

POSTUR BERKENDARA—Dwi Oktawijaya selaku Instruktur Safety Riding Astra Honda Motor memperagakan postur berkendarayang baik.

PADANG, METRO–Dalam mengendarai sepeda motor, setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda dan gaya berkendara yang berbeda pula, terlebih setiap pe­ngen­dara mempunyai kenyamanan masing-masing dalam berkendara. Namun perlu kita sadari postur berkendara meru­pakan hal yang juga tidak kalah penting bagi pengendara agar nantinya pe­ngendara merasa nyaman, tidak cepat lelah terutama dalam melakukakn perjalanan jarak jauh.

Seperti diketahui PT. Hayati Pratama Mandiri (HPM) selaku Main Dealer Sepeda Motor Honda Sumatera Barat selalu mengkampanyekan dan mem­berikan edukasi #CaRi_aMaN saat naik motor, agar pengguna sepeda motor Honda selalu Safety saat berkendara.

Setidaknya, PT. HPM mempunyai 7 tips untuk berkendara yang baik dan benar agar nantinya kita merasa nya­man saat diatas kendaraan yaitu, postur kepala dimana agar otot leher tidak terlalu tegang usahakan postur kepala tetap santai dan diarahkan ke depan. Terutama pandangan mata yang me­lihat lurus ke arah jalan. Pastikan Anda memperhatikan jalan dengan baik mengarah ke tujuan agar jarak pandang lebih luas sehingga Anda dapat melihat keadaan jalan dengan lebih baik.

Selanjutnya Bahu, usahakan bahu se­lalu dalam keadaan santai sehingga nan­tinya bahu tidak mudah lelah saat ber­kendara. Sikut, dengan posisi sikut yang san­tai dan agak sedikit ditekuk akan membuat otot tidak mudah lelah dan nan­tinya akan membuat reflelks saat me­ngadalikan sepeda motor se­makin baik.

Tangan, pastikan tangan Anda nya­man memegang stang atau handle bar dan dapat menjangkau semua keleng­kapan penting seperti rem, klakson, starter, memakai lampu sein dan lain­nya. Karena semua fitur tersebut hanya dapat digunakan dengan tangan Anda.

Pinggul, usahakan untuk duduk di posisi yang paling nyaman atau pada batas yang ada pada jok sepeda motor antara pengendara dan penumpang dan pastikan jaraknya tidak terlalu dekat atau jauh dengan stang, agar nantinya anda bisa mengontrol atau mengen­dalikan kemudi sepeda motor dengan nyaman dan mudah.

Lutut, untuk motor tipe sport maka lutut sebaiknya mengapit pada tangki bahan bakar. Sedangkan untuk motor bebek dan matic lutut agak diarahkan kedalam karena agar tetap bisa menjaga keseimbangan saat mengontrol sepeda motor, dan tidak dianjurkan untuk membuka lutut keluar karena akan membahayakan diri anda dan pengen­dara sepeda motor lainya. Kaki, pastikan kaki Anda dapat menyentuh lantai atau aspal ketika berhenti. Selain itu usa­hakan kaki selalu nyaman ketika me­nginjak pedal rem dan persneling.

Asri Wirawan selaku Marketing Communication & Development Manager PT.HPM mengungkapkan, postur berkendara merupakan bagian penting yang perlu diperhatikan, diterapkan dan dibiasakan saat kita mengendarai sepeda motor. Fungsinya agar saat mengendarai sepeda motor, tubuh tidak  mudah lelah apalagi saat dalam per­jalanan jauh, terlepas dari itu postur yang baik juga akan mempengaruhi refleks dan kemudahan anda saat menggunakan sepeda motor.

“Harapan kami dari Honda agar nantinya masyarakat Indonesia khu­sunya masyrakat pengguna sepeda motor di Sumatera Barat bisa #CaRi_­aMaN di jalan demi mewujudkan Safety Indonesia”ujar Wira. (rom/rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top