Close

Motivasi Warga Datangi Perspustakaan dengan Hadiah, Upaya Tingkatkan Literasi Masyarakat di Sawahlunto

PENYERHAAN HADIAH— Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyerahkan hadiah kepada para pengunjung teladan Perpustakaan Umum Adinegoro.

SAWAHLUNTO, METRO–Walikota Sawahlunto Deri Asta menyerahkan hadiah kepada para pe­ngunjung teladan Perpustakaan Umum Adinegoro. Penyerahan hadiah pada pengunjung teladan itu dilaksanakan,  Kamis (30/9). Selain itu kegiatan untuk memotivasi masyarakat untuk meningkat minat membaca dengan mendatangi perpustakaan.

Kabid Penyelenggaraan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) melalui Kasi Pengembangan Perpustakaan, Indra Ismail melaporkan, pemilihan pe­ngunjung teladan ini sebagai wujud pemantauan dan apresiasi pihak Perpustakaan Adinegoro kepada para pengunjung.

“Jadi kami terus me­lakukan monitoring, siapa pengunjung yang rutin datang, rutin meminjam, menjaga buku yang dipinjam maupun berperilaku baik dan sopan saat di perpustakaan. Itu kami pantau semua, kemudian sebagai apresiasi maka ada yang kami pilih masuk dalam pengunjung tela­dan ini, ” kata Indra.

Untuk hadiah yang di­be­rikan, seperti yang disampaikan Indra Ismail, yakni berupa uang ditambah buku hadiah dari Walikota. Untuk teladan 1 itu memperoleh Rp 500 ribu, teladan 2 memperoleh Rp. 450 ribu, dan teladan 3 memperoleh Rp. 400 ribu.  “Ini kami bagi dalam 2 ka­tegori. Yakni pengunjung teladan kategori pelajar dan pengunjung teladan kategori umum,” ujar Indra.

Dari kategori pelajar, pengunjung teladan 1 yakni Dian Alfares, teladan 2 yakni Adrian Putra dan teladan 3 yakni Gresika H.F. Sementara dari kategori umum, teladan 1 diraih oleh Rahma Yunis, teladan 2 diraih oleh Imelda Savitri, kemudian teladan 3 diraih oleh Multazam.

Walikota Sawahlunto Deri Asta yang menyerahkan langsung hadiah kepada para pengunjung teladan menyampaikan selamat dan terimakasih.  “Kami berharap, bukan hanya yang jadi pengunjung teladan ini yang datang ke perpustakaan. Semoga lebih banyak lagi masyarakat kita yang datang membaca ke perpustakaan sehingga tingkat literasi masyarakat Sa­wahlunto juga semakin meningkat. Ini penting dalam menunjang pe­ning­katan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM),” kata Deri.

Pemko Sawahlunto me­lalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) juga terus melakukan u­paya – upaya dalam me­nyediakan sarana dan pra sarana perpustakaan yang nyaman dan menarik bagi pengunjung. Termasuk saat ini telah banyak menggunakan sis­tem otomatisasi perpustakaan untuk katalog dan lain – lain.

Penyerahan hadiah untuk pengunjung teladan perpustakaan tadi dilaksanakan sebelum kegiatan Sosialisasi Peningkatan Peran Serta Masya­rakat Dalam Penyimpanan, Perawatan, Pelestarian dan Pendaftaran Naskah Kuno. Peserta sosia­lisasi ini dari jajaran pemerintah desa dan kelurahan.

Sosialisasi Peningkatan Peran Serta Masya­rakat Dalam Penyimpanan, Perawatan, Pelestarian dan Pendaftaran Naskah Kuno ini dilaksanakan dengan mendatangkan narasumber peneliti naskah kuno Sumbar yang juga dosen di Unand, yakni Pramono. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top