Close

Motivasi Petani Simona, Mantan Camat Budidayakan Pisang Cavendish

PISANG JENIS CAVENDIS— Mantan Camat Deky Yusman memperlihatkan pisang jenis cavendish yang dibudidayakannya di Kecamatan Situjuah Limo Nagari.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Manfaatkan Lahan tidur, Deky Yusman Mantan Camat di Kabupaten Lima­puluh Kota membudida­yakan Tanaman Pisang Jenis Cavendish di lahan miliknya di Kecamatan Situjuah Limo Nagari (SIMONA) Kabupaten Lima­puluh Kota.  Pemilihan untuk menanam pisang jenis Cavendish dilakukan karena tanaman pisang mudah untuk ditanam dan tidak memerlukan perawatan yang susah, selain itu dari segi pemasaran tanaman bernama latin Musa paradisiaca tersebut sangat terbuka lebar, baik di Su­matera Barat maupun hingga ke Provinsi Riau.

Saat ini, Menurut De­ky ia telah menanam sekitar 600 batang pohon pisang Cavendish di tiga tempat berbeda di Kecamatan Simona. Dari ratusan itu saat ini telah be­rusia sekitar tiga Ming­gu.

Selain memanfaatkan lahan tidur/tidak produktif Kegiatan yang ia lakukan juga untuk memotivasi petani di Simona serta petani di Kabupaten Lima­puluh Kota pada umum­nya, sebab menanam pi­sang cukup menguntungkan jika ditekuni dengan baik dan benar. Sebab selain dari buah, keuntungan yang bisa diperoleh juga bisa dari menjual bibit. Sehingga ia rela jauh-jauh menimba ilmu tentang pisang Cavendish ke Pro­vinsi Lampung.

“Iya, untuk menggeluti tanaman pisang jenis Cavendish ini saya memang belajar hingga ke Provinsi Lampung. Dan hasilnya telah diterapkan di tiga lahan saya di Kecamatan Simona. Saat ini pertumbuhannya cukup baik. Peluang usaha/bisnis pisang ini cukup baik, sebab belum ada yang mengembangkannya,” se­­­but Mantan Camat Ha­rau itu, Sabtu (23/10) di lahan Pisang Cavendish miliknya.

Pria yang kini menjabat Kabag Organisasi di Pemkab Limapuluh Kota itu juga mengajak masya­rakat untuk ikut mengembangkan pisang jenis Ca­vendish, sebab selain bu­ah yang dihasilkan lebih besar dan banyak, pisang itu juga biasanya memiliki pangsa pasar ke pasar-pasar Modern.

“Awal saya tertarik untuk mengembangkan pi­sang jenis Cavendish ini, selain untuk menghidupkan lahan yang lama tertidur, juga melihat pangsa pasar pisang Cavendish yang dijual dengan harga yang cukup tinggi di pasar-pasar modern. Sebab pi­sang ini memiliki bentuk dan warna yang bagus,” ucapnya.

Bahkan menurut mantan Camat Luhak itu, ratusan batang pisang yang ia kembangkan itu telah dipesan oleh salah satu Nagari di Kabupaten Limapuluh Kota. Tidak itu saja, dalam waktu dekat ia juga diminta untuk hadir sebagai Narasumber untuk ber­bagi ilmu tentang budidaya tanaman pisang jenis Cavendish. “Sekali lagi, mari kita manfaatkan Lahan tidur. Salah satu­nya bisa ditanami dengan pi­sang Sebab tanaman ini tidak akan menyita waktu yang banyak,” ucapnya. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top