Menu

Monitor Penerapan Prokes, Satpol PP Rutin Sidak Sekolah

  Dibaca : 75 kali
Monitor Penerapan Prokes, Satpol PP Rutin Sidak Sekolah
DATANGI SEKOLAH— Kepala Satpol PP Padang, Alfiadi mendatangi sejumlah sekolah yang ada di Kota Padang pada hari ketiga PBM tatap muka, Rabu (6/1).

TAN MALAKA, METRO
Kepala Satpol PP Padang, Alfiadi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sekolah-sekolah pada Rabu (6/1). Sidak ini dilakukan guna memastikan keamanan siswa serta warga sekolah saat proses belajar mengajar (PBM) tatap muka di masa pandemi Covid-19.

Sidak hari ketiga PBM tatap muka ini, Alfiadi memonitor sekolah diantaranya SMA 9, SD 03 Kampung Dalam, Sekolah Menengah Analisis Kimia Padang, dan SMP 11.

Alfiadi mengatakan, tugas dan fungsi pokok Satpol PP adalah sebagai penegak peraturan daerah (perda), penyelenggara ketertiban umum, ketentraman dan perlindungan masyarakat. Maka dalam hal ini, Satpol PP harus mengawasi kegiatan pembelajaran tatap muka yang telah kembali diterapkan di Kota Padang.

Ia mengungkapkan, proses belajar mengajar di masa pandemi ini ada aturan khusus yang mengatur saat berada di luar rumah. Yaitu Perda Nomor 6 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru, serta Perwako Nomor 49 tahun 2020.

“Sangat jelas di perda tersebut mengatur tentang bagaimana menjalani kehidupan di masa pandemi, Mengunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak saat berada di luar rumah dan itupun juga harus diterapkan bagi pelajar serta pihak sekolah,” tukas Alfiadi.

Kepada pihak sekolah, Alfiadi mengingatkan agar selalu mengajak anak didik benar-benar menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Serta meminta pihak sekolah agar aktif mengingatkan anak didiknya baik di sekolah maupun di rumah agar bisa menjaga diri, sehingga proses tatap muka ini terus dilakukan berkelanjutan.

“Kita sangat peduli terhadap anak didik, berharap agar pihak sekolah aktif mengajak anak didik dalam menerapkan prokes Covid-19, baik di sekolah maupun di rumah agar bisa menjaga diri. Hal ini untuk menghindari risiko terpapar, sehingga proses belajar tatap muka ini bisa dilanjutkan. Kita berharap masyarakat Sumbar, khususnya Kota Padang kembali ke zona hijau,” harapnya.

Anggota Komisi I DPRD Padang, Ja’far sangat apresiasi apa yang dilaksanakan Satpol PP. Ia meminta tak hanya anak sekolah diawasi, namun semua warga Padang, sehingga penularan Covid-19 bisa dicegah. “Satpol PP harus awasi lokasi keramaian dan tegakan sanksi bagi yang nakal,” ujar kader PKS ini. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional