Menu

Momentum HUT ke-350 Tahun Kota Padang, Wujudkan Masyarakat Unggul dan Berdaya Saing

  Dibaca : 150 kali
Momentum HUT ke-350 Tahun Kota Padang, Wujudkan Masyarakat Unggul dan Berdaya Saing
HUT KOTA— Suasana perayaan HUT ke-350 Kota Padang di Gedung DPRD Kota Padang, Jalan Sawahan, Padang Timur, Rabu (7/8).

Peringatan Ulang Tahun Kota Padang yang ke-350 berlangsung lancar di gedung DPRD Kota Padang, Jalan Sawahan, Padang. Ribuan undangan menghadiri momentum sakral tersebut.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, perayaan HUT kemarin tidak diawali dengan Rapat Paripurna Istimewa. Hal itu karena telah habisnya masa tugas anggota dewan periode 2014-2019. Sementara di sisi lain, anggota dewan periode 2019-2024 belum dilantik.

Semua tamu undangan yang hadir terlihat mengisi kursi tamu yang ada di lantai II gedung bundar tersebut. Tampak hadir, Asisten I Pemprov Sumbar, wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa, sejumlah anggota DPRD yang lama dan yang baru, mantan Gubernur Sumbar Azwar Anas, mantan Wali Kota Padang Syahrul Ujud, Fauzi Bahar, Anggota DPD RI Emma Yohana dan tamu undangan lainnya.

Sekretaris Daerah Kota Padang Amasrul mengatakan belum dilantiknya 45 anggota DPRD Padang karena KPU belum melakukan penetapan karena masih menunggu keputusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi. ”Kalau sudah ada putusan nanti KPU akan lakukan pleno dan segera dilantik,” katanya.

Terkait kekosongan masa jabatan anggota DPRD Padang, ia mengatakan perayaan HUT Kota Padang tetap dijalankan dengan berbagai agenda. Mulai dari pawai telong-telong pada Selasa malam (6/9) hingga prosesi seremonialnya pada Rabu pagi hingga menjelang siang dan berbagai agenda lainnya.

Mahyeldi menyebutkan, dalam momentum ke 350 tahun itu, telah ada banyak hal yang menjadi kekuatan Kota Padang untuk berkembang ke arah yang lebih baik sehingga beberapa masalah perkotaan secara bertahap mulai terurai.

Dikatakanya, Pemerintah Kota Padang memiliki visi Mewujudkan Masyarakat Kota Padang yang Madani Berbasis Pendidikan, Perdagangan, dan Pariwisata Unggul dan Berdaya Saing.

Untuk mewujudkan visi tersebut, Pemko Padang telah menetapkan 7 misi yang dilaksanakan selama lima tahun ke depan. Yakni, meningkatkan kualitas pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang beriman, kreatif, inivatif dan berdata saing, mewujudkan kota Padang yang unggul aman, bersih, tertib, bersahabat,dan menghargai kearifan lokal, meningkatkan pertumbuhan ekonomi kota Padang yang inklusif, mewujudkan kota Padang sebagai pusat perdagangan dan ekonomi kreatif, meningkatkan kualitas pengelolaan pariwisata yang nyaman dan berkesan, menciptakan masyarakat sadar, peduli dan tangguh bencana, meningkatkan kualitad tata kelola pemerintahan yang bersih dan pelayanan publik yang prima.

Misi tersebut diwujudkan dalam 11 program unggulan. Mulai dari melanjutkan betonisasi jalan lingkungan, pengaspalan dan pelebaran jalan serta perbaikan drainase dan pengendalian banjir terpadu. Meningkatkan efektifitas reformasi birokrasi, budaya kerja aparatur dab pelayanan publik, mewujudkan pengembangan kawasan wisata terpadu Gunung Padang, pulau pulau kecil dan wilayah timur kota Padang dan sejumlah progul lainnya.

”Secara bertahap program program itu akan kita laksanakan selama lima tahun ke depan. Kita sangat berharap dukungan seluruh stakeholder dan masyarakat Kota Padang. Semua itu kita lakukan agar masyarakat kota Padang bahagia dan sejahtera,” katanya. (*)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional