Menu

Momen HUT Kabupaten Pasaman Barat ke-17, Berbagai Penghargaan Berhasil Diraih

  Dibaca : 77 kali
Momen HUT Kabupaten Pasaman Barat ke-17, Berbagai Penghargaan Berhasil Diraih
Bupati Pasbar Yulianto diwawancarai wartawan usai paripurna HUT Pasbar, terkait keberhasilannya dalam memimpin Pasbar 5 tahun.

Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), meraih berbagai prestasi pada momen Hari Ulang Tahun (HUT) ke-17 tahun 2021, Kamis (7/1) lalu. Bupati Pasbar, Yulianto mengatakan, berbagai penghargaan berhasil diraih Pasbar, baik di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional.

Diantaranya mendapatkan penghargaan laporan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut dari BPK, prestasi sebagai kabupaten peduli HAM dan penghargaan pustaka terbaik I tingkat nasional.

Kemudian penghargaan sebagai kabupaten inovatif pada innovative Goverment Award (IGA) tahun 2020, peringkat I pelaksanaan aksi jonvergensi pencegahan stunting di Sumbar pada tahun 2019 dan tahun 2020.

Ia mengatakan pihaknya bersama masyarakat berupaya meningkatkan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pasaman Barat.

Hal itu katanya, sesuai dengan visi dan misi pembangunan daerah jangka panjang tahun 2005-2025 maupun jangka menengah tahun 2016-2021.

Ia mengakui pada masa pandemi Covid-19 banyak persoalan yang dihadapi, termasuk persoalan pembangunan. “Bidang pembangunan yang kita lakukan seperti pembangunan Masjid Agung, pembangunan RSUD Jambak, pembangunan Rumah Sakit Pratama Ujung Gading, evaluasi hasil belajar di semua lini pada tahun 2020 sudah menunjukkan perbaikan,” katanya.

Menurutnya beberapa upaya yang telah dilakukan selama lima tahun terakhir seperti pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, seperti akses jalan ke Pelabuhan Teluk Tapang dan pembukaan jalan baru bersama TNI.

Dana desa dan nagari minimal 10 persen dari APBD, pengentasan daerah tertinggal, cetak sawah baru seluas 273 hektare sejak tahun 2016, pembangunan objek wisata di Sasak, pembangunan pasar, pembangunan sarana komunikasi. Peringkat dua tranparansi dana desa.

Sementara itu Gubernur Sumbar yang diwakili oleh Kepala Bappeda Sumbar, Hansastri mengapresiasi apa yang telah diraih oleh Pasbar, di usia 17 tahun.

Ia mengakui dimasa pandemi banyak tantangan yang dihadapi. Namun, jangan jadikan tantangan itu sebagai hambatan, jadikan itu sebagai motivasi untuk bangkit. “Pemerintah pusat dan provinsi akan selalu memberikan subsidi dan relaksasi untuk pemulihan ekonomi dimasa tatanan kehidupan baru ke depan. Kata kunci kita dalam membangun saat ini adalah produktif dan aman Covid-19,” katanya.

Sidang Paripurna istimewa DPRD dalam rangka HUT di masa pandemi Covid-19 memang dibatasi jumlah kehadiran di ruang sidang utama kantor DPRD Padang Tujuh.

Namun, bisa dilihat secara virtual dan disiarkan juga di media sosial seperti Facebook Twitter serta YouTube oleh Dinas Kominfo setempat. Sedangkan perangkat OPD, instansi vertikal, kantor camat, wali nagari di kantor masing-masing secara virtual.

Ketua DPRD Pasbar Parizal Hafni menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Pasbar. Sebab HUT dilaksanakan secara virtual, karena masa pandemi Covid-19 sungguh semua itu sangat terbatas dilaksanakan.

Tentunya dengan pertimbangan maka pelaksanaan HUT dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang telah ditentukan oleh pemerintah serta menjaga kenyamanan untuk semua. Ia mengucapkan terima kasih kepada Bupati Pasbar, Yulianto atas pengabdian yang telah diberikan kepada masyarakat. “Semoga usaha dan upaya dari Bupati Pasbar menjadi amal ibadah bagi dan tentunya bermanfaat bagi masyarakat Pasbar,” katanya. (end)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional