Close

Modus Titip Makanan, Pengunjung Lapas Selundupkan Sabu untuk Napi

SELUNDUPKAN SABU—Pengunjung berinisial T (26) yang berusaha menyeludupkan sabu untuk tiga napi melalui makanan diamankan Sipir Lapas Kelas II B Pariaman.

PARIAMAN, METRO
Sipir Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Pariaman menggagalkan penyelundupan sabu-sabu untuk para narapidana yang dibawa pengunjung, Jumat (24/7) sekitar pukul 16.30 WIB. Modusnya, sabu yang akan diselundupkan itu dimasukkan ke dalam bungkusan makanan ringan dan dititipkan kepada sipir yang menjaga di pintu masuk Lapas.

Namun, ketika dilakukan pengecekan oleh sipir, di dalam makanan yang dibungkus, ternyata berisi tiga paket sabu siap edar. Saat itu juga, petugas sipir mengamankan pengunjung berinisial T (26) warga Lubuk Alung, Padangpariaman. Dari hasil interogasi, sabu itu ditujukan kepada narapidana berinisial F yang sedang menjalani hukuman kurungan penjara di dalam lapas.

Bahkan, ketika dilakukan pemeriksaan terhadap F, terungkap lagi adanya keterlibatan dua narapidana berinisial N dan M dalam penyelundupan sabu yang dibawa pengunjung tersebut. Setelah adanya temuan itu, pihak Lapas pun melaporkannya ke Polres Pariaman. Keempat pelaku pun dibawa ke Polres untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Kepala Lapas Klas IIB Pariaman Eddy Junaedi mengatakan, penyeludupan sabu tersebut diketahui ketika petugas memeriksa bungkus paket yang dititipkan dan salah satunya merupakan bungkus makanan ringan. Tetapi, ketika dilakukan pengecekan, terlihat bungkus makanan ringan sudah dibuka dan dibungkus ulang, sehingga sehingga membuat petugas curiga.

“Dari kejanggalan tersebut petugas langsung membukanya sehingga ditemukan tiga paket sabu-sabu di dalam bungkus makanan ringan. Petugas Lapas memeriksa pelaku dan menemukan sebuah paket yang diduga sabu di dalam sebuah kotak rokok,” kata Eddy.

Ditambahkan Eddy, kemudian petugas langsung melaporkan kejadian itu kepada kepala regu keamanan yang sedang berdinas serta mengamankan pengunjung yang menitipkan paket itu. Dengan adanya temuan upaya penyelundupan sabu ke dalam Lapas, pihaknya kemudian berkoordinasi dengan Polres Pariaman.

“Temuan dilaporkan kepada saya. Pengunjung dan warga binaan yang akan menerima paket titipan makanan itu dipanggil untuk dimintai keterangan. Setelah itu kami berkoordinasi dengan Polres Pariaman. Modus penyelundupan ini, dengan cara memasukkan sabu ke dalam makanan. ,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Pariaman AKBP Deny Rendra Laksmana melalui Kasubag Humas Polres Pariaman AKP Syafruddin mengatakan, setelah mendapatkan informasi tersebut pihaknya langsung menuju lokasi. Saat diinterogasi untuk siapa paket bingkisan tersebut pelaku menjawab untuk seorang warga binaan berinisial F.

“Dari keterangan F diketahui ada dua orang warga binaan lainnya yang terlibat pada peristiwa itu yaitu berinisial N dan M. Sementara itu pelaku dan barang bukti berupa empat buah plastik bening ukuran sedang berisi sabu-sabu, satu unit motor, sebuah kantong kresek, dan satu unit hp sudah diamankan di Mapolres Pariaman untuk pengembangan lebih lanjut,” pungkas AKP Syafruddin. (z)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top